Berdoa Dalam Roh Dan Kebenaran

Renungan Keluarga Allah
Senin, 18 April 2016

BACAAN HARI INI

Yohanes 4:1-42

RHEMA HARI INI

Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Suatu kali ada orang kaya yang datang ke sebuah restoran yang mewah dan berkelas. Semua hal yang dilakukan dalam restoran itu menggunakan sensor. Pelayannyapun bukan manusia, melainkan robot yang sudah dilengkapi dengan sensor. Orang kaya tadi datang dan duduk di salah satu kursi. Cukup lama ia berada disitu, namun tak ada seorang pelayanpun yang datang menghampirinya. Orang kaya inipun jengkel dan ia berteriak memanggil salah satu robot yang ada disitu. Tetapi tetap saja tidak ada satu robotpun yang mempedulikannya. Sampai ada seorang pengunjung lain menghampirinya dan berkata, “Maaf pak, robot-robot pelayan itu hanya bisa bergerak jika Bapak mengaktifkan sensor dengan menekan tombol yang ada di meja ini.” Dengan sedikit bingung, orang kaya itu menekan tombol yang ditunjukkan, dan segera saja seorang robot menghampirinya dan berkata, “Selamat malam, apa yang bisa saya bantu?”

Mungkin kita tersenyum membaca kisah diatas, tetapi berapa banyak kali tanpa kita sadari kita melakukan hal yang serupa dengan yang dilakukan orang kaya tersebut dalam hubungan kita dengan Tuhan? Kita berusaha meraih semua anugerah, kuasa dan mujizat Tuhan dengan kekuatan jasmani kita. Ingat, Tuhan itu Roh. Kita hanya bisa mengalami semua anugerah serta kasih karunia yang disediakan Tuhan kalau kita mengaktifkan roh kita dan menghampiri Tuhan dalam roh dan kebenaran. Daging tidak akan pernah bisa bersatu dengan roh. Itu sebabnya jika kita ingin mengalami perkara-perkara dahsyat yang disediakan oleh Tuhan yang adalah Roh, maka kita juga harus menerimanya terlebih dahulu di alam roh. Ketika kita sudah menerimanya di alam roh, barulah apa yang kita terima di alam roh tersebut akan menjadi daging dan sungguh-sungguh menjadi kenyataan dalam hidup kita!

Hari ini, ambillah keputusan untuk hidup di dalam roh dan kebenaran. Berdoalah dalam roh, renungkanlah Firman-Nya setiap waktu. Ketika kita hidup di dalam roh dan kebenaran, maka doa-doa kita akan penuh kuasa! Doa yang penuh kuasa itulah yang akan menarik segala mujizat, anugerah, serta kasih karunia yang luar biasa dari Tuhan dalam hidup kita.

RENUNGAN

DOA yang penuh KUASA adalah BERDOA dalam ROH dan KEBENARAN.

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda datang kepada Bapa dalam Roh dan Kebenaran?
  2. Kuasa seperti apa yang Anda rasakan mengalir ketika Anda belajar berdoa dalam Roh dan kebenaran?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, mulai hari ini kami mau belajar untuk berdoa dalam Roh dan Kebenaran, sebab kami tahu bahwa Engkau adalah Roh dan hanya ketika kami menghampiriMu dalam Roh dan Kebenaran maka kuasaMu akan bekerja dan berkarya secara ajaib dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 40-42