Berdoa Dalam Roh

BACAAN HARI INI
Roma 8:18-30

RHEMA HARI INI
Roma 8:26 “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.”

Pendeta Sunday Adelaja adalah pendiri dan pendeta senior gereja The Embassy of the Blessed Kingdom of God for All Nations di Kyiv, Ukraina. Meskipun lahir di Nigeria, Afrika, ia melayani lintas bangsa dan budaya. Gereja yang dipimpinnya di Kyiv beranggotakan 90% warga negara Eropa. Pertumbuhan gereja yang dipimpinnya pun terbilang pesat dengan jemaat mencapai 25 ribu orang dan 400 gereja di 30 negara.

Dalam usahanya menyebarkan Injil, Pendeta Sunday juga memanfaatkan media televisi, radio, bahkan media cetak untuk menjangkau lebih banyak jiwa. Puluhan buku, ribuan rekaman khotbah, bahkan seminar-seminar kepemimpinan ia adakan secara teratur. Salah satu ciri khas dari Pendeta Sunday tertuang dalam bukunya yang berjudul, “Pastoring without Tears,” dimana ia menjelaskan bahwa seharusnya tidak ada kesedihan dan kesukaran yang tidak dapat diatasi saat seseorang melayani Tuhan. Kuncinya adalah hubungan dengan Tuhan, dan itu juga yang ia terapkan dalam kehidupan pelayanannya. Tidak heran, pengaruh Pendeta Sunday tidak hanya menjangkau jiwa-jiwa di seluruh dunia untuk mengenal Yesus, namun juga mengobarkan semangat para anak Tuhan untuk membawa perubahan di kota dan negara mereka supaya lebih banyak jiwa diselamatkan.

Banyak anak Tuhan ingin hidupnya memiliki kuasa Tuhan. Sayangnya, tidak banyak yang berhasil karena untuk berjalan dalam kuasa Tuhan kita perlu masuk dalam level pengurapan Roh Kudus. Banyak orang masih berada di level sumur (keselamatan) dan level sungai (Baptisan Roh Kudus). Banyak orang belum mengerti bahwa ada level selanjutnya yaitu level hujan (pengurapan Roh Kudus), dimana saat itu kita dapat berjalan dalam kuasa Tuhan setiap hari, seperti pendeta Sunday Adelaja. Kuncinya adalah berdoa dalam roh. Saat kita berdoa dalam roh, kita akan selalu terhubung dengan Tuhan. Dengan kata lain, kita selalu menyadari kehadiran-Nya. Bagaimana kita dapat menyadari kehadiran Tuhan sementara Tuhan tidak kasat mata? Disinilah iman berperan. Kita belajar untuk percaya apa yang tidak kelihatan. Disaat kita berdoa dalam roh dan berada dalam level pengurapan Roh Kudus, maka Tuhan akan menyertai kita dengan kuasa-Nya sehingga kehidupan kita menjadi semakin kokoh dan berkemenangan. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Untuk bisa masuk dalam level hujan pengurapan Roh Kudus, kita harus senantiasa BERDOA DALAM ROH. Inilah rahasia BERJALAN DALAM KUASA ALLAH yang membuat hidup kita kokoh dan berkemenangan!

APLIKASI
 Apa yang Anda ketahui tentang berdoa dalam roh ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mau belajar untuk berdoa dalam Roh agar kami terus mengalami hujan Roh Kudus yang membuat hidup kami semakin kokoh. Terima kasih, Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 59-61
1 Petrus 2