Berdoa Sehingga Memperoleh Hikmat

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 02 Maret 2017

BACAAN HARI INI

Yakobus 1:5-25

RHEMA HARI INI

Yakobus 1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, –yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit–, maka hal itu akan diberikan kepadanya.

Kehidupan Paulus Mulyadi yang kini menjadi pengusaha sukses ternyata diawali oleh masa kecil yang begitu sulit. Karena ia terlahir dalam keluarga yang kurang mampu, sejak kecil ia sudah membantu orangtuanya berjualan dan mencari uang. Beban yang ditanggungnya dalam rutinitas kehidupan yang berat dan bayangan masa depan yang suram membuatnya sempat ingin melarikan diri dari rumah. Namun ia mengurungkan niatnya karena seorang pendeta yang tinggal di dekat rumahnya menahan dan memberikan pengertian agar ia tidak melakukan hal nekat itu. Pendeta itu pun mengajak Paulus untuk berdoa meminta hikmat dari Tuhan. Sewaktu berdoa itulah, Paulus Mulyadi disadarkan Tuhan bahwa ia tidak boleh seperti itu. Itulah titik balik yang mengubah caranya memandang kehidupannya. Hatinya tidak lagi pahit, tetapi ia menjalani kegetiran hidupnya dengan penuh semangat, kerja keras, doa dan harapan. Tuhan pun membuat berhasil usaha bisnis yang ia rintis mulai dari nol. Pada akhirnya, ia menyadari bahwa semua yang ia lalui adalah proses dari Tuhan sehingga ia memiliki mental baja dan tahan banting.

Setiap harinya, saat kita berdoa, seringkali kita hanya terbiasa untuk memuji, menyembah dan menaikkan permohonan kita. Kita lupa bahwa doa adalah sarana komunikasi dua arah dengan Allah, Pencipta kita. Saat kita berdoa, ambillah waktu untuk belajar mendengarkan suara Tuhan. Setelah kita menyampaikan segala permasalahan dan permohonan kita kepada Tuhan, mintalah juga agar Dia memberikan hikmat ke dalam roh kita. Kemudian, berdiam dirilah untuk mendengarkan-Nya. Carilah kehendak dan tujuan-Nya dalam setiap permasalahan kita. Dengan hidup berjalan dalam Roh, maka hikmat dari Tuhan akan mengalir dalam kehidupan kita. Tak ada kata terlambat untuk mulai bertumbuh dalam hikmat. Percayalah saat kita meminta hikmat kepada Allah, hikmat-Nya akan bertumbuh di dalam diri kita. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Salah satu cara untuk MENDAPATKAN HIKMAT TUHAN adalah dengan DATANG DALAM DOA kepada-Nya dan MEMINTA HIKMAT

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda meminta Hikmat kepada Tuhan saat Anda sedang berdoa?
  2. Mengapa kita perlu meminta hikmat kepada Tuhan, terlebih dalam doa?
  3. Apa saja langkah yang dapat Anda ambil untuk mulai mendapatkan hikmat Tuhan melalui doa?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa kami akan senantiasa berdoa agar memperoleh hikmat-Mu. Biarlah kemuliaan-Mu dinyatakan dalam setiap kemenangan yang kami peroleh. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Raja-raja 19
Mazmur 46, 80, 135