Berdoalah Menggunakan Firman Allah

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 24 April 2016

BACAAN HARI INI

Ibrani 4:1-13

RHEMA HARI INI

Ibrani 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Sang ayah menatap pintu kamar operasi dimana bayi pertamanya yang baru lahir dua hari yang lalu menjalani operasi pembuatan saluran pembuangan. Bayinya sudah selesai dioperasi, itu yang dokter katakan, tetapi setelah operasi ia tidak mampu bernafas sendiri sehingga harus memakai alat bantu pernafasan. Kondisinya semakin memburuk dengan suhu tubuh yang terus menurun. Dalam keadaan kalut, sang ayah diperhadapkan dengan dua pilihan, tetap kalut atau menolak semua kenyataan itu dan bangkit memperkatakan Firman Tuhan. Sang ayah memilih pilihan yang kedua. Ia berlutut di bangku ruang tunggu. Ia perkatakan Firman, “Sebab aku hidup bukan karena melihat, tetapi karena percaya. Tuhan Yesus sudah menanggung semua kutuk sakit penyakit diatas kayu salib. Tuhan Yesus sudah menang mengalahkan maut. Hai maut, dimanakah sengatmu? Engkau tidak berkuasa lagi atas hidup kami orang-orang yang percaya kepada Yesus!” Sang ayah terus-menerus memperkatakan Firman Tuhan dalam doanya. Sampai tak terasa dua jam berlalu. Sesaat kemudian, ia kembali dipanggil oleh tim dokter yang mengatakan bahwa baru saja mereka melihat keajaiban, bayinya berangsur-angsur membaik, bisa bernafas normal dan suhu tubuhnya kembali normal! Kuasa doa memperkatakan Firman sungguh nyata mujzatnya!

Situasi sulit apakah yang sedang Anda hadapi saat ini? Dalam situasi sulit tersebut, Anda memiliki dua pilihan, larut dalam kekalutan, atau melawan situasi Anda dengan memperkatakan Firman Tuhan dalam doa-doa Anda.

Sebaiknya Anda memilih pilihan yang kedua, yaitu memperkatakan Firman dalam doa-doa Anda. Lakukanlah dengan iman, maka Anda akan melihat tangan Tuhan yang ajaib memulihkan keadaan Anda, bagaimanapun buruknya keadaan itu.

RENUNGAN

BELAJARLAH berdoa dengan menggunakan FIRMAN ALLAH, sebab Firman Allah HIDUP dan KUAT dan lebih TAJAM daripada pedang bermata dua manapun.

APLIKASI

  1. Menurut Anda, mengapa Firman Tuhan yang diperkatakan dalam doa sangat nyata kuasanya?
  2. Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk memiliki doa yang penuh kuasa?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami mau belajar memperkatakan FirmanMu dalam setiap doa kami, sebab Firman-MU lebih kuat dan tajam dari pedang bermata dua manapun. Kami juga ingin menjadi saksi betapa besarnya karyaMu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Daniel 7-9