BERFOKUSLAH PADA JANJI TUHAN, BUKAN PADA KEADAAN

RHEMA HARI INI

2 Korintus 4:18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Kaleb bin Yefune, 45 tahun sudah berlalu sejak ia mendapatkan firman dan janji Tuhan dengan perantaraan Musa. Bahwa Tuhan akan memberikan tanah yang dijelajahinya saat tugas pengintaian, untuk menjadi miliknya selama-lamanya. Tetapi kenyataan seolah bertolak belakang. Waktu terus berlalu, penggenapan janji belum terjadi bahkan Musa, pemimpin besar mereka telah meninggal dunia. Sekalipun yang Kaleb hadapi adalah padang gurun yang kering, tetapi api dalam hati Kaleb tidak pernah mengecil. Bahkan terus berkobar dan makin membesar. Hatinya terbakar oleh visi dan janji Tuhan, sehingga waktu pun tidak bisa memadamkan apinya.

Di usia 85 tahun, Kaleb yang memelihara api dalam dirinya, tetap memiliki kekuatan yang sama seperti pada masa mudanya. Meminta ijin kepada Yosua untuk memimpin perang dan menghalau raksasa Enak yang mendiami tanah perjanjian Tuhan. Fokus Kaleb pada janji Tuhan, pada akhirnya membuat ia berhasil mendapatkan bagian yang terbaik yang tidak bisa didapatkan oleh orang-orang yang sudah kehilangan api. Kaleb mendapatkan tanah Hebron tepat seperti yang pernah dijanjikan Tuhan kepadanya. Pegunungan terbaik yang paling subur dan penuh kelimpahan.

Setiap kita tentu pernah mendapatkan janji Tuhan. Seringkali kita pun sudah cukup lama menantikan penggenapan-Nya. Akan tetapi kenyataan yang kita lihat justru berbanding terbalik. Seolah ada raksasa-raksasa yang menghalangi langkah kita mencapai janji Tuhan. Hari ini, Tuhan mengajar kita untuk jangan berfokus pada keadaan, tetapi berfokuslah pada janji-Nya. Ambil langkah maju, arahkan fokus dan jaga Api Tuhan tetap menyala dalam diri kita. Bersama Tuhan kita akan mengalahkan semua raksasa yang ada dan keluar sebagai penakluk yang berkemenangan.

RENUNGAN

Sekalipun di tengah krisis, tetaplah FOKUS pada JANJI Tuhan, bukan pada keadaan.

APLIKASI

1. Apakah janji Tuhan yang pernah Anda dapatkan?
2. Di tengah krisis saat ini, apakah Anda tetap bisa berfokus pada janji Tuhan? Mengapa demikian?
3. Mengapa Tuhan ingin agar Anda berfokus pada janji-Nya dan bukan pada keadaan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, tolong kami untuk senantiasa bisa berfokus pada janji-Mu dalam hidup kami. Tolong kami untuk tetap memandang kepada-Mu dan bukan pada keadaan yang terjadi. Kami percaya saat kami menjaga api kami tetap menyala, setiap janji-Mu akan Kau nyatakan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!