BERGANTUNG DAN MENGANDALKAN TUHAN SEPENUH HATI

RHEMA HARI INI

Mazmur 22:27 Orang yang rendah hati akan makan dan kenyang, orang yang mencari TUHAN akan memuji-muji Dia; biarlah hatimu hidup untuk selamanya!

Setiap orang memiliki naluri ingin dipuji, diperhatikan, diprioritaskan dan dihargai. Tidak ada seorang pun yang suka jika dirinya direndahkan atau disepelekan. Karena itu, banyak orang yang cenderung meninggikan dirinya supaya dikagumi dan tidak dipandang sebelah mata. Kerendahan hati semakin sulit ditemui hari-hari ini, sebab kerendahan hati dipandang sebagai kelemahan dan menjadikan dirinya seolah tak berarti. Kerendahan hati berbeda tipis dengan rendah diri, karena itulah banyak orang yang salah mengerti.

Orang yang rendah diri, memang selalu mengganggap dirinya tak mampu berbuat apa-apa dan bukanlah siapa-siapa, tetapi dari sisi pandang yang negatif. Orang yang demikian telah kehilangan gambar dirinya yang sejati. Ia memandang rendah dirinya sendiri dan tidak bisa melihat talenta atau kelebihan yang telah Tuhan berikan kepadanya. Sebaliknya, orang yang rendah hati, tahu betul karunia dan potensi yang Tuhan berikan. Tetapi ia juga sangat menyadari bahwa tanpa Tuhan ia tidak bisa berbuat apa-apa. Semua yang berhasil ia raih, semata hanya karena kasih karunia dan berkat Tuhan semata. Karena itu orang yang rendah hati pasti bergantung dan mengandalkan Tuhan sepenuh hati.

Beberapa dari kita mungkin telah begitu lama menantikan jawaban doa dari Tuhan. Hari ini coba periksa hati kita masing-masing, jangan-jangan karena sikap hati kita yang salah, menjadi penghalang untuk menerima anugerah dari Tuhan. Mungkin tanpa kita sadari, kita memiliki hati yang pongah. Merasa tidak punya waktu atau terlalu sibuk untuk membaca firman Tuhan, adalah salah satu bentuk kepongahan hati. Memilih-milih ayat yang sesuai yang kita sukai dan membuang ayat yang tidak kita sukai, juga adalah bentuk kesombongan hati. Kita tidak menyadari bahwa kita tidak dalam posisi berhak memilih, sebab kita sebenarnya adalah seorang hamba dan Tuhan adalah tuan kita. Percayalah Tuan kita jauh lebih baik dan sempurna dari tuan-tuan yang ada di dunia. Dia sangat tahu bagaimana menghargai dan memberi upah kepada hamba-hamba-Nya yang dengan rendah hati bergantung dan mengandalkan Dia sepenuhnya. (PF)

RENUNGAN

Orang yang rendah hati PASTI BERGANTUNG dan MENGANDALKAN TUHAN SEPENUH HATI.

APLIKASI

1. Jika secara jujur menilai, sikap hati seperti apakah yang Anda miliki saat ini?
2. Apa definisi rendah hati menurut Anda?
3. Apa yang harus selalu Anda ingat, supaya Anda memiliki kerendahan hati di hadapan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampuni kami jika tanpa kami sadari kami menyimpan kesombongan dan kepongahan dalam hati kami. Kiranya Roh Kudus-Mu senantiasa mengingatkan kami, bahwa kami ini adalah seorang hamba yang hanya bisa bergantung dan mengandalkan-Mu sepenuhnya. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama-Mu Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!