Bergantung Penuh

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 20 Agustus 2016

BACAAN HARI INI

Mazmur 37:1-40

RHEMA HARI INI

Mazmur 37:5 Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;

George Muller (1805-1898) adalah seorang misionaris kristen dan kepala dari sebuah rumah yatim piatu di Bristol Inggris. Muller bersama dengan istrinya mengelola rumah yatim piatu pada tahun 1836 dengan menggunakan rumah mereka sendiri di kota Bristol. Muller mengambil satu keputusan dimana ia tidak pernah meminta dukungan dana dari siapa pun dan tidak berhutang pada pihak manapun meskipun diperlukan lebih dari 100,000 poundsterling untuk membangun kelima rumah yang menjadi akomodasi bagi 2000 anak. Seringkali ia menerima bantuan makanan yang datang tanpa diminta dan bantuan makanan itu hanya datang beberapa jam sebelum waktu makan anak-anak yatim piatu itu tiba. Ia mengatakan bahwa 50,000 jawaban doa yang khusus yang telah ia terima, berasal dari permohonan doanya hanya kepada Allah! Lebih dari 3000 anak yatim piatu yang diasuhnya, dimenangkan bagi Kristus melalui pelayanannya oleh penyertaan Roh Kudus.

Kebergantungan sepenuhnya kepada karya Tuhan, membuat George Muller mengalami hal-hal yang ajaib dan luar biasa. Demikian juga ketika kita menggantungkan hidup kita sepenuhnya kepada Allah yang mengasihi kita dan yang berkuasa atas hidup kita, pasti kita juga akan mengalami hal-hal yang ajaib yang melampaui kemampuan kita.

Kita bisa saja menghadapi masalah yang berat. Masalah sakit penyakit, hutang, masalah keluarga maupun masalah yang lain. Dalam mengatasi masalah tersebut, jangan sampai kita bergantung pada kekayaan kita, pada keluarga kita, pada jabatan kita. Betul kita tetap berusaha, betul kita tetap melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan; namun kita harus tetap bergantung penuh pada Tuhan. Justru pada saat kita angkat tangan, maka Tuhan pasti turun tangan untuk menunjukkan karya-Nya dalam hidup kita, sehingga kita bisa mengalami perkara-perkara ajaib dan besar dalam hidup kita. Marilah kita bergantung penuh hanya pada Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Hati yang percaya berarti BERGANTUNG PENUH pada Tuhan.

APLIKASI

  1. Menurut Anda, apa itu artinya bergantung penuh kepada Tuhan?
  2. Dalam hal apa Anda biasanya bergantung penuh kepada Tuhan?
  3. Apa yang Anda alami ketika Anda bergantung penuh kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami ada itu semua karenaMu dan kami percaya hidup kami tenang dalam tanganMu. Biarlah dari hari ke hari kami makin bergantung hanya kepadaMu Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ayub 40-42