BERGAUL DENGAN PRIBADI ROH KUDUS YANG NYATA

RHEMA HARI INI

Efesus 4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

Di masa pandemi sekarang ini, orang diharuskan lebih banyak tinggal di rumah dan tidak bepergian jika tidak penting. Hal ini membuat banyak orang merasa bosan dan jenuh di rumah. Banyak orang yang merindukan hidup normal seperti dulu lagi. Bisa bersekolah, bisa bertemu teman-teman, bisa komsel, bisa beribadah dan bisa melakukan kegiatan lainnya bersama. Namun tidak demikian dengan Bapak Obaja Tanto S, gembala sidang gereja kita. Kebalikan dari banyak orang yang merasa bingung dan bosan karena hanya di rumah saja, Pak Obaja menggunakan waktunya dirumah untuk lebih dalam bersekutu dan mengenal Roh Kudus. Setiap hari Pak Obaja bergaul dan membangun hubungan dengan Roh Kudus. Pak Obaja tahu betul bahwa beliau sangat perlu Roh Kudus dalam kehidupan pribadi beliau dan dalam pelayanan beliau.

Kita harus tahu bahwa Roh Kudus adalah pribadi yang nyata dan memiliki perasaan. Oleh sebab itu, kita bisa berkomunikasi dan bergaul karib dengan-Nya. Sama seperti manusia, Roh Kudus pun bisa merasa senang dan juga duka (Efesus 4:30). Seringkali tanpa kita sadari, kita membuat Roh Kudus sedih. DIA hadir, DIA ada dan DIA nyata, namun kita lebih sering mengabaikan Roh Kudus yang ada di dalam kita. Kita tidak pernah mengajak-Nya bicara ataupun berkomunikasi dengan-Nya. Sebagaimana yang kita rasakan saat keberadaan kita tidak dihiraukan orang lain, begitu pula yang dirasakan oleh Roh Kudus saat kita mengabaikan kehadiran-Nya.

Oleh karena itu, kita harus merubah cara berpikir kita mengenai Roh Kudus. Terlebih lagi jika kita berpikir bahwa Roh Kudus tidak bisa berkomunikasi dengan kita. Kita perlu menyadari bahwa Roh Kudus adalah Seorang Pribadi yang hidup dan memiliki perasaan. Di tahun Roh Kudus ini kita diberi kesempatan untuk bisa dekat dengan-Nya. Akan sangat rugi jika kita tidak mengambil kesempatan ini. Roh Kudus adalah Pribadi terpenting dan terbesar di alam semesta! Dia adalah Pribadi yang bisa menyelamatkan hidup kita, pekerjaan kita, pernikahan kita, masa depan kita, kesehatan kita dan semua aspek kehidupan kita. Ketika kita bergaul karib dengan-Nya, kita akan semakin dibawa naik keatas, baik dalam kehidupan rohani maupun jasmani kita. Kita tidak akan mudah digoncangkan oleh keadaan dunia.

RENUNGAN:

Kita BISA bergaul karib dengan Roh Kudus, sebab DIA PRIBADI YANG NYATA dan MEMILIKI PERASAAN.

APLIKASI

1. Apakah Anda menyadari kehadiran Roh Kudus dalam hidup Anda? Bagaimana Anda menyadarinya?
2. Mengapa Anda harus menyadari kehadiran Roh Kudus dalam hidup Anda?
3. Bagaimana cara Anda untuk mengenal Roh Kudus lebih lagi?

DOA UNTUK HARI INI

Ampuni kami Roh Kudus karena sering kali melupakan kehadiranMu dalam hidup kami. Kami mau berubah dan berjuang makin melekat dan bergaul denganMu sebab kami tahu, Engkau nyata dan ada bersaama kami. Dlam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!