Bergaulah Karib Dengan Tuhan

BACAAN HARI INI
Yohanes 15:1-8

RHEMA HARI INI
Yohanes 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Sebuah benda bisa dikatakan maksimal jika benda itu digunakan secara maksimal sesuai dengan fungsinya. Pernahkah Anda mendengar cerita tentang seorang petani dari kampung yang menjual hasil panennya dan masuk ke dalam kota. Karena uangnya banyak, maka ia pun membeli sebuah kulkas untuk dibawa kembali ke kampung. Tetapi karena di kampung tidak ada listrik, maka ia menjadikan kulkas tersebut sebagai lemari pakaian. Sang petani ingin agar orang-orang di kampung melihatnya sebagai orang kaya, tetapi justru kulkas tidak berfungsi maksimal sesuai dengan fungsinya. Itulah yang disebut tidak maksimal. Contoh lain adalah HP yang memiliki fitur-fitur canggih, tetapi karena pemiliknya adalah seseorang yang gaptek (gagap teknologi), maka HP itu tidak pernah digunakan dengan maksimal. Benda apapun harusnya digunakan sesuai keinginan pembuatnya.

Tahukah Anda bahwa Allah menciptakan Anda untuk maksud yang mulia? Untuk itulah maka kita harus hidup maksimal sesuai dengan rancangan Tuhan. Bagaimanakah kita bisa mengerti untuk apakah kita diciptakan? Banyak kali kita mengejar apa yang menjadi kesukaan kita sendiri dan punya visi yang merupakan visi ciptaan kita sendiri. Akhirnya hidup kita menjadi tidak maksimal karena seperti ilustrasi di atas, bila kulkas hanya dijadikan lemari, ataupun HP hanya dipakai untuk sekadar menelpon dan menerima panggilan, maka kapasitas yang Tuhan sudah beri tidak dipakai sebagaimana mestinya.

Adapun sebagaimana ciptaan Tuhan yang telah menerima Roh-Nya yang tidak terbatas, harusnya kita juga mempunyai visi yang besar. Namun, terkadang karena kita tidak bergaul karib dengan Tuhan kita, akhirnya kita malah mengandalkan pikiran dan logika kita sendiri, hal ini masihlah baik bila kita sering membaca buku-buku tentang orang-orang sukses, bergaul dengan orang yang punya visi besar, ataupun sering mengaplikasikan firman Tuhan yang didapat di gereja, tapi tetaplah yang terbaik adalah bergaul karib dengan Bapa di surga dan dapatkan visi yang super besar dari-Nya, sehingga hidupmu berfungsi secara maksimal dan menyenangkan hati-Nya.

RENUNGAN
Kalau kita BERGAUL KARIB dengan TUHAN YANG BESAR, maka visi kita yang tadinya sempit akan diubah menjadi visi yang super besar, bahkan tanpa batas!

APLIKASI
Hal-hal seperti apa yang Anda alami bersama Tuhan ketika Anda bergaul karib denganNya, sharingkan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami hanya ingin dekat denganMu karena hanya denganMu kami mengalami hal-hal yang dahsyat. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Keluaran 10-12