Bergerak Mengikuti Instruksi Tuhan

BACAAN HARI INI
Yesaya 41:8-29

RHEMA HARI INI
Yesaya 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Kita mengenal sebuah permainan bernama ice breaking atau ice breaker, yang bertujuan untuk menghancurkan kebekuan dan suasana menjadi kondusif. Contoh permainan ice breaker yaitu ketika salah satu peserta ditutup matanya dan di depannya diberi banyak rintangan yang harus dia lewati untuk sampai ke garis finish. Satu peserta lain bertugas untuk memberikan aba-aba atau instruksi arah kepada orang yang ditutup matanya, agar tidak menabrak rintangan dan bisa sampai garis finish dengan aman. Bayangkan jika orang yang ditutup matanya itu tidak mau mendengarkan instruksi dari temannya, atau dengan keras kepala lebih memilih berjalan menurut keyakinannya sendiri. Ia bisa jatuh karena tersandung atau menabrak rintangan. Bahkan bisa jadi ia hanya berputar-putar di tempat saja dan tidak pernah sampai ke garis finish untuk memperoleh kemenangan.

Permainan diatas menggambarkan kehidupan kita sebagai manusia saat ini. Kita adalah orang yang matanya sedang ditutup. Sebagai manusia kita memiliki pikiran yang terbatas, pandangan kita terbatas. Kita tidak bisa melihat apa yang akan terjadi di depan kita dan rintangan apa yang akan kita hadapi. Berbeda dengan Tuhan, Tuhan tahu masa depan kita dan apa saja yang akan terjadi dalam hidup kita karena Ia yang merancangkannya. Tuhan memberikan instruksi kepada kita bagaimana kita harus melangkah ke depan melalui firman-Nya, melalui rhema yang Ia berikan dalam hidup kita, melalui kotbah di gereja dan sebagainya.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita meresponi instruksi Tuhan? Seringkali kita lebih memilih berjalan dengan keyakinan kita sendiri dan tidak mau mendengar nasihat Tuhan karena merasa jalan yang kita ambil sudah benar. Padahal dengan kemampuan kita yang serba terbatas, kita sangat mungkin melakukan kesalahan yang pada akhirnya justru membawa kita pada kejatuhan, kegagalan dan kekecewaan. Jangan ragu ataupun takut untuk belajar bergerak maju dengan mengikuti intruksi dari Tuhan. Ia tahu yang terbaik bagi kita dan Ia tidak pernah salah atau gagal. Ini adalah jaminan dari Tuhan bahwa kemenangan dan mujizat besar pasti terjadi dalam hidup kita.

RENUNGAN
Saat kita belajar BERGERAK MENGIKUTI INSTRUKSI TUHAN, Tuhan memberikan JAMINAN KEMENANGAN dan MUJIZAT BESAR.

APLIKASI
1.    Mengapa Tuhan  ingin Anda mendengar dan bergerak sesuai instruksi-Nya?
2.    Bagaimana Anda menjalani hidup Anda selama ini? Sudahkah Anda bergerak mengikuti instruksi dari Tuhan?
3.    Apa yang Anda terima dan rasakan ketika Anda berjalan sesuai instruksi Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terima kasih atas kemuliaan yang luar biasa yang Engkau nyatakan atas kami hari-hari ini. Kami tidak mau melewatkan kegerakan-Mu, Tuhan. Kami mau bergerak mengikuti instruksi yang Engkau berikan, sehingga kami memperoleh kemenangan dan mengalami mujizat besar. Untuk kami bisa menjadi saksi-Mu hingga ke bangsa-bangsa. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.