Berharga Di Mata Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Senin, 14 November 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 19:1-10

RHEMA HARI INI

Lukas 19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.

Ada yang tidak seperti biasanya. Rumah Zakheus, si pemungut cukai, yang dikenal sebagai orang tamak dan suka memeras itu, tidak pernah dikunjungi banyak orang. Namun hari itu, banyak orang berdiri di depan pintu rumahnya sambil kasak-kusuk membicarakan sesuatu. Ada tatapan heran, sinis, kesal, bahkan tatapan penuh pertanyaan terlihat di wajah mereka. Sampai ada yang berteriak, “Ia menumpang di rumah orang berdosa.” Ya, hari itu Yesus menumpang di rumah Zakheus bahkan makan di rumahnya. Orang banyak menganggap hal itu tidak seharusnya dilakukan oleh Yesus, karena Zakheus adalah orang berdosa. Layak untuk dijauhi dan ditolak. Akan tetapi, di mata Yesus, nilai yang melekat dalam diri Zakheus tetaplah berharga. Yesus ingin milik-Nya yang berharga dan sedang hilang itu bisa didapatkan-Nya kembali. Yesus pun berhasil. Zakheus yang terhilang mengalami pertobatan dan dipulihkan!

Bayangkanlah selembar uang kertas yang bernilai 100.000 rupiah. Dalam keadaan bagus dan masih rapi, atau jika terlipat, nilainya sama-sama 100.000. Ketika terjatuh di lumpur dan terinjak orang pun, nilainya juga tetap 100.000. Tidak berubah.

Seperti uang kertas itulah hidup Zakheus dan hidup Anda di mata Yesus. Dan yang Yesus lakukan ketika uang itu kotor adalah mengambilnya, membasuhnya dan membersihkannya. Sampai menjadi bersih seperti semula dengan nilai yang tetap, tidak berkurang. Yaitu 100.000. Kabar baiknya adalah, nilai yang melekat di dalam diri Anda sangat melebihi dari yang sanggup Anda pikirkan, yaitu seharga dengan darah-Nya yang tercurah di atas kayu salib. Pernahkah Anda kehilangan sesuatu dan untuk mendapatkannya kembali Anda sampai harus menukarkannya dengan nyawa Anda sendiri? Tentu barang itu amat sangat penting dan berharga bagi hidup Anda, baru Anda akan melakukannya. SEPERTI ITULAH NILAI ANDA DI MATA TUHAN. SUNGGUH SANGAT BERHARGA. Karena itu, terimalah hal tersebut sebagai anugerah dan hiduplah di dalamnya. Buka hati Anda dan izinkan anugerah itu masuk, memenuhi dan berkarya dalam hidup Anda. Hidup Anda pasti diubahkan!

RENUNGAN

Meski manusia hanyalah debu tanah dan tidak ada artinya, tetapi oleh ANUGERAH TUHAN yang sangat besar, kita BERHARGA DI MATA-NYA

APLIKASI

  1. Dalam hal apakah Anda masih sering merasa tidak layak mendapatkan anugerah dan kebaikan Tuhan? Mengapa?
  2. Carilah perkataan Tuhan untuk melawan apa yang Anda rasakan dan cara pandang Anda yang masih salah tentang hal ini. Jadikan itu rhema dan kekuatan untuk melawan semua yang menghalangi Anda untuk menerima anugerah Tuhan yang besar itu!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, terima kasih karena aku sangat berharga di mata-Mu. Ajari aku lebih lagi tentang kedalaman anugerah itu Tuhan, supaya aku semakin mengerti dan mengenal-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Samuel 4-8