BERHATI-HATI DALAM MEMILIH SIAPA YANG KITA DENGARKAN DAN IKUTI

RHEMA HARI INI

1 Korintus 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Menurut pendapat para ahli, waktu yang diperlukan untuk membentuk kebiasaan baru adalah 21 hari. Tetapi Carol menemukan bahwa membentuk kebiasaan buruk tidaklah diperlukan waktu selama itu. Sebaliknya, untuk kebiasaan baik justru bisa lebih lama dari 21 hari. Carol telah beberapa kali mengalaminya sendiri. Salah satunya, untuk membangun saat teduh dan membaca firman Tuhan, Carol perlu waktu berminggu-minggu sampai akhirnya ia bisa menjadikannya sebuah kebutuhan. Namun ketika suatu saat Carol menghadapi pergumulan berat, ia berusaha mencari hiburan untuk meredakan stress nya dengan kembali aktif di media sosial. Di situ ia bertemu lagi dengan teman-temannya yang memiliki berbagai sifat dan karakter. Mereka pun berbagi cerita dan bertukar pendapat. Tak perlu waktu lama, hanya dalam hitungan hari, Carol merasa ada perubahan dalam cara berpikirnya, tetapi perubahan dalam arti negatif. Meski agak susah payah, tapi akhirnya Carol berhasil mengendalikan diri dan kembali berfokus pada Tuhan.

Salah satu cara untuk mengambil keputusan bijaksana adalah dengan mengikuti teladan orang lain. Yaitu dengan melihat cara orang lain melakukan sesuatu lalu kita mengikutinya, atau orang lain memberikan saran dan kita melakukannya. Siapa yang kita ikuti, akan menentukan apakah keputusan kita benar atau salah. Kalau yang kita ikuti adalah orang bijaksana, maka keputusan kitapun akan menjadi bijaksana. Sebaliknya, kalau yang kita ikuti salah jalan, maka kitapun akan ikut tersesat. Oleh karena itu, kita harus sangat berhati-hati dalam memilih siapa yang kita dengarkan dan ikuti. Pilihlah orang yang TERBAIK DI BIDANGNYA dan yang SUDAH KELIHATAN JELAS BUAHNYA.

Apapun persoalan yang sedang kita hadapi, lihatlah dan carilah baik-baik, siapa yang paling berhasil sukses di bidang yang sedang kita pergumulkan saat ini. Pilih dan teladanilah orang yang berhasil membangun keluarga bahagia jika masalah kita adalah pergumulan keluarga. Pilihlah orang yang sukses membangun bisnis jika masalah kita saat ini adalah masalah pekerjaan. Melalui teladan orang yang tepat, kita akan banyak menghemat waktu, tenaga dan lebih tepat sasaran untuk mengatasi masalah kita. Dengan belajar dari ahlinya, kita akan bisa membuat keputusan dengan lebih bijaksana. (PF)

RENUNGAN

Kita harus sangat BERHATI-HATI dalam memilih siapa yang kita DENGARKAN dan IKUTI.

APLIKASI

1. Setujukah Anda bahwa dengan siapa Anda bergaul akan sangat mempengaruhi keputusan Anda? Mengapa demikian?
2. Pernahkah Anda mendengarkan dan mengikuti orang yang salah? Apa yang terjadi kemudian?
3. Bagaimana Anda bisa memilih orang yang tepat untuk Anda dengarkan dan ikuti?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terimakasih untuk pengajaran-Mu pada hari ini. Tolong kami untuk menjaga pergaulan kami Tuhan, pertemukan kami dengan orang-orang yang tepat dan berkenan di hadapan-Mu. Supaya dengan teladan hidup mereka, kami dapat semakin bijaksana dalam mengambil keputusan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!