Berhati-Hati Dalam Menilai Situasi

BACAAN HARI INI
Amsal 14:1-35

RHEMA HARI INI
Amsal 14:16 “Orang bijak berhati-hati dan menjauhi kejahatan, tetapi orang bebal melampiaskan nafsunya dan merasa aman.”

Bertahun-tahun yang lalu saat Earl Nightingale (motivator terkenal Amerika) sedang naik taksi, sopir dari taksi yang ditumpanginya bercerita bahwa seorang temannya yang juga seorang sopir taksi hendak memulai bisnis. “Saya sudah bilang padanya agar jangan melakukan hal itu. Saya bahkan memberitahunya bahwa 95% bisnis baru selalu gagal. Ia akan kehilangan segalanya jika ia tetap nekat.”

“Darimana Anda mendapatkan statistik 95% kegagalan tersebut?” Nightingale bertanya dengan nada keheranan. “Semua orang tahu hal tersebut, Tuan. Orang tua saya selalu berkata seperti itu sejak saya kecil,” jawab sopir taksi tersebut. Nightingale tertawa keras mendengar jawaban tersebut. “Seandainya teman Anda membuka bisnis dan gagal, apa dia dapat bekerja sebagai sopir taksi lagi?” Sopir taksi itu menjawab, “Tentu saja.”

“Nah, kalau begitu tidak ada ruginya teman Anda mencoba, bukan? Bagaimana kalau ia berhasil?” tanya Nightingale. “Tapi, ia akan kehilangan sejumlah besar uang,” jawab sopir taksi tersebut bersikeras. “Anda hanya perlu mencoba dan Anda akan tahu bahwa apa yang Anda takutkan itu tidak akan pernah menjadi kenyataan.”

Cara pikir seperti sopir taksi tersebut juga dialami oleh Bangsa Israel. Mereka ketakutan karena dikejar oleh Firaun dan tentara Mesir. Keadaan tersebut membuat mereka panik dan mulai berpikir dengan cara yang salah. Hal itu juga membuat mereka bersungut-sungut. Untungnya, Musa sebagai pemimpin mereka tidak hanyut dalam situasi tersebut. Musa justru melihat situasi tersebut sebagai sebuah kesempatan besar yang Tuhan berikan sebagai awal kemenangan besar Bangsa Israel. Bagaimana Anda menilai situasi Anda saat ini? Apakah seperti Bangsa Israel dengan ketakutannya atau seperti Musa dengan keberaniannya? Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Gagal MENILAI SITUASI DENGAN BENAR akan membuat Anda kalah perang.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda salah menilai situasi ? Ceritakan. pengalaman Anda tersebut.

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, mulai saat ini kami akan berhati-hati dalam menilai situasi karena kami tidak mau kalah dalam peperangan hidup kami.
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Tawarikh 13-14
Markus 3:1-19