Berjalan Dalam Roh Dengan Iman

BACAAN HARI INI

Yesaya 63:1-19

RHEMA HARI INI

Yesaya 63:14 Roh TUHAN membawa mereka ke tempat perhentian. Demikianlah Engkau memimpin umat-Mu untuk membuat nama yang agung bagi-Mu.

Beberapa anak Tuhan sulit untuk berjalan dalam roh dan percaya pada pimpinan Allah secara pribadi. Yang sering mereka ragukan bukan apakah Allah benar memimpin, tetapi bagaimana cara Allah memimpin. Biasanya Allah memimpin melalui lima jalan utama: melalui pembacaan Firman Tuhan yang disertai doa, melalui penyampaian Firman Tuhan, melalui akal kita, melalui peristiwa, dan melalui kesaksian yang kuat didalam batin kita.

Bagaimana semua ini bekerja sama ketika kita membutuhkan tuntunan pribadi? Pertama-tama, kita perlu menyerahkan rasa suka dan tidak suka kita kepada Allah dalam doa, dan memutuskan untuk tidak punya keinginan diri sendir dalam hal ini. Keinginan kita seharusnya: “Bukan kehendakku, melainkan kehendak-Mu yang jadi.” Puasa 24 jam juga dapat menolong, karena dapat menyelaraskan dan membuat roh kita peka untuk mendengar suara Allah lebih jelas. Beberapa orang juga telah menemukan tuntunan Allah ketika mereka membaca Firman Allah dan menemukan sebuah ayat yang seolah-olah khusus ditujukan kepada mereka. Orang lain lagi mendengar suara-Nya melalui khotbah di gereja. Ada juga orang lain yang menemukan kehendak Allah ketika mereka merenungkannya sendirian atau bersama dengan seorang sahabat atau konselor yang saleh.

Suatu peristiwa juga dapat menunjukkan jalan menuju kehendak Allah. Keadaan mungkin menjadi berantakan dan Allah sering mengguncangkan kondisi kita untuk menggerakkan kita ke arah yang benar. Untuk mendapat tutunan, Anda dapat melihat berbagai kemungkinan yang tersedia, lalu menggambarkan diri Anda menjalani setiap pilihan satu persatu. Pada salah satu pilihan itu, Anda akan menemukan damai yang lebih mendalam; bukan getaran yang meluap, bukan kesenangan, melainkan damai sejahtera. Inilah yang mungkin merupakan jalan yang Allah ingin agar Anda jalani. Ketika Anda melangkah dalam jalan yang ditunjukkan Tuhan tersebut, maka Anda akan melihat kuasa, karya dan penyertaan Tuhan sedemikian nyata dalam hidup Anda.

RENUNGAN

Belajarlah BERJALAN DALAM ROH dengan iman, maka kita akan melihat KUASA ALLAH yang besar dimanifestasikan melalui hidup kita.

APLIKASI

Bagaimana Anda berjuang supaya bisa mendapatkan pimpinan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, kami merindukan kuasa-MU dinyatakan di dalam hidup kami. Oleh karena itu saat ini kami memohon dengan segala kerendahan hati kami supaya Engkau berkenan menuntun kami berjalan di dalam roh, sehingga kami memiliki kuasa untuk memiliki hidup yang penuh mujizat dan kemenangan. Terimakasih Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 32, 51,86,122