BERKAT SEMUA MUSIM BAGI UMAT TUHAN

RHEMA HARI INI

Ratapan 3:22-23 Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!

Keluhan yang paling umum kita dengar saat ini adalah kondisi sedang sepi, sulit mencari uang dan harga barang-barang semakin mahal. Banyak pengusaha dan pedagang kecil yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak mampu lagi menutup biaya operasional. Bahkan dalam musim liburan yang seharusnya menjadi sumber pemasukan besar, kini tidak lagi seperti tahun-tahun yang lalu. Banyak orang yang berandai-andai, jika saja tidak ada pandemi, pasti kondisinya tidak seperti sekarang ini. Mungkin seharusnya sekarang usahanya sudah bisa sukses kalau tidak ada serbuan virus yang merubah segala sesuatunya.

Kira-kira seperti inilah yang dialami dan dirasakan oleh Yusuf. Ia yang dianak emaskan oleh orang tuanya, yang mendapat perlakuan lebih istimewa dari saudara-saudaranya, mendadak harus menjadi budak karena dikhianati dan dijual oleh saudara-saudaranya yang iri kepadanya. Tentu keadaannya sangat jauh berbeda dengan ketika Yusuf menjadi anak kesayangan di rumahnya. Berbagai-bagai kesulitan dialami Yusuf selama ia menjadi budak. Baru saja keadaan kelihatan membaik ketika ia diangkat menjadi orang kepercayaan Potifar, ia kembali di fitnah hingga dijebloskan ke dalam penjara. Dalam penjara pun Yusuf yang berhasil menjadi kesayangan kepala penjara, masih di tipu oleh juru minuman yang melupakan janjinya pada Yusuf. Akan tetapi dalam keadaan apapun, berkat Tuhan ternyata tak pernah meninggalkan Yusuf. Di musim yang tidak baik pun Yusuf tetap menikmati berkat Tuhan yang luarbiasa. Bahkan berkat Tuhan lebih dahsyat dari semua musim kehidupan yang tidak baik, sehingga dari titik terendah Yusuf diangkat ke posisi tertinggi di Mesir, yaitu menjadi Perdana Menteri atas seluruh Mesir. Inilah Berkat untuk Semua Musim yang ada dalam hidup Yusuf.

Dalam kehidupan akan selalu ada yang namanya masa kesukaran, musim kehidupan selalu silih berganti. Tetapi berkat di semua musim juga akan selalu ada bagi umat Tuhan. Musim yang indah, dimana semua berjalan baik dan lancar, ini adalah berkat dari Tuhan. Sebaliknya, di musim yang sangat berat, dimana iblis berusaha menyerang kita dari semua sisi dengan bertubi-tubi, sadarilah bahwa ada berkat Tuhan yang akan menopang hidup kita. Tangan Tuhan yang kuat membuat kita tak akan sampai tergeletak meskipun kita sempat jatuh. Ada janji pemulihan dan kebangkitan besar yang akan Tuhan kerjakan. Inilah berkat semua musim yang Tuhan mau curahkan bagi kita umat-Nya.

RENUNGAN

Dalam kehidupan akan SELALU ADA yang namanya MASA KESUKARAN, tetapi BERKAT DI SEMUA MUSIM juga AKAN SELALU ADA bagi umat Tuhan.

APLIKASI

1. Apakah yang dimaksud dengan berkat semua musim?
2. Sudahkah Anda mengalami berkat semua musim? Dalam hal apa sajakah itu?
3. Mengapa penting bagi Anda untuk bisa mengakses berkat di semua musim?

DOA UNTUK HARI INI

Ya Tuhan kami percaya ada berkat-Mu dalam setiap musim kehidupan kami. Meskipun keadaan kami saat ini seperti musim yang tidak baik, namun kami percaya pemeliharaan dan pertolongan-Mu selalu ada bagi kami. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!