Berkat Tuhan Yang Membuat Segalanya Jadi Baik

BACAAN HARI INI
Zakharia 4:1-14

RHEMA HARI INI
Zakharia 4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: “Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

Salah satu penghalang pertumbuhan rohani di jaman ini adalah kepercayaan diri berlebih karena dukungan fasilitas dan tehnologi yang semakin canggih. Apa yang dulu tampak mustahil, kini dengan kecerdasan manusia yang makin berkembang, menjadi hal yang biasa bahkan bagi anak kecil sekalipun. Kita manusia cenderung jadi lupa darimana asalnya semua itu. Rasanya,Tuhan menjadi semakin kurang dibutuhkan bagi orang-orang tertentu. Tanpa Tuhan pun kita bisa melakukan hal-hal yang hebat.

Salah satu dialog dalam film Titanic, adalah demonstrasi kesombongan manusia. “Bahkan Tuhan pun tidak bisa menenggelamkan kapal ini.” Keyakinan bahwa kapal Titanic adalah kapal terkuat sepanjang masa, ternyata tidak ada apa-apanya berhadapan dengan kekuatan alam ciptaan Tuhan. Bagai mengibaskan debu, jika Tuhan ingin menjungkir balikkan kesombongan manusia. Itu sebabnya kita harus mengejar berkat rohani dari Tuhan terlebih dahulu di atas segalanya. Yakobus 1:17 mengajarkan bahwa setiap pemberian yang baik dan anugerah yang sempurna datangnya dari sorga. Orang dunia dengan segala kehebatannya boleh mendapatkan hal-hal yang baik namun belum tentu sempurna. Sebaliknya berkat Tuhanlah yang membuat segala sesuatunya menjadi baik dan sempurna.

Memasuki hari pertama di tahun yang baru ini, marilah kita semakin menyadari, bahwa semua yang baik dalam hidup kita adalah berkat dari Tuhan. Bukan karena kehebatan, keperkasaan ataupun dengan kekuatan kita, melainkan oleh Roh Tuhan lah kita boleh menerima anugerah yang melimpah. Hanya berkat Tuhan yang bisa membuka pintu-pintu yang tertutup, berkat Tuhan yang membuat pertolongan datang tepat pada waktu-Nya, dan sekali lagi, hanya berkat Tuhan saja yang membuat kita mendapat kemenangan demi kemenangan. Awali tahun ini dengan penuh rasa syukur karena berkat Tuhan senantiasa menyertai kita yang mengasihi dan percaya kepada-Nya.

RENUNGAN
SEMUA KEBAIKAN di hidup kita adalah BERKAT DARI TUHAN, bukan karena kehebatan kita sendiri.

APLIKASI
1.    Apa saja kebaikan yang ada dalam hidup Anda? Bisakah Anda menyebutkannya?
2.    Dari manakah asalnya semua kebaikan itu datang? Apakah oleh usaha dan kemampuan Anda?
3.    Bagaimana cara Anda mengingatkan diri Anda, bahwa semua kebaikan dalam hidup Anda adalah berkat dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami sungguh bersyukur atas semua kebaikan-Mu yang telah kami terima dalam hidup kami. Bahwa sampai saat ini kami masih bisa menarik nafas, adalah suatu berkat dan anugerah dari-Mu. Ajar kami untuk selalu bisa melihat kebaikan-Mu dalam hal terkecil sekalipun dalam hidup kami sehingga kami terus bisa mengucap syukur atas berkat-berkat-Mu yang melimpah dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.