“Tuhan Yesus, Ini Owe”

BACAAN HARI INI
1 Korintus 14:1-25

RHEMA HARI INI
1 Korintus 14:2 “Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.”

Acong, seorang pegawai toko besi, punya kebiasaan unik. Tiap kali pulang ke rumah, dia selalu berhenti di depan gereja dekat rumahnya untuk berdoa sejenak. Kebiasaannya ini sudah 12 tahun dilakukannya. “Cong, apa yang lu lakuin di depan gereja?” seorang teman kerja Acong penasaran dengan kebiasannya itu. “Owe berdoa la,” jawab Acong dengan polos. “Gaya lu Cong, doa apa lu?”

“Tuhan Yesus, ini owe,” jawab Acong.

Suatu hari, Acong jatuh sakit dan dilarikan ke ICU. Acong hanya bisa terbaring dan merintih kesakitan, “Tuhan Yesus, ini owe,“ jerit Acong dalam hati. Tiap kali rasa sakit itu datang, Acong selalu memanggil Tuhan Yesus, “Ini owe, Tuhan.” Sampai suatu malam, Acong bermimpi, Tuhan Yesus datang dan menyentuh keningnya, “Acong, ini Owe.” Acong terbangun dan kegirangan. Ia mencari-cari Tuhan Yesus tapi tidak dilihatnya siapapun di bilik rumah sakit itu. Segera Acong duduk, melepas infusnya, dan berlari ke koridor rumah sakit mecari Tuhan Yesus yang barusan dilihatnya. Perawat yang sedang jaga malam terkejut melihat Acong berlari di koridor. “Koh, mau kemana koh?” perawat itu segera berlari untuk mengejar Acong. “Owe mau nyari Tuhan Yesus.” Perawat berpikir Acong mengigau dan segera membawa Acong kembali ke kamarnya. Acong pun akhirnya tertidur. Keesokan harinya, dokter dan perawat yang memeriksa Acong keheranan karena Acong tiba-tiba sudah sembuh dari sakitnya.

Tanda dari Baptisan Roh Kudus adalah berkata-kata dalam Bahasa Roh. Kita akan berbahasa Roh saat Roh Kudus dalam hati membantu kita berdoa pada Allah. Pernah mengalami saat-saat dimana rasanya kita ingin berdoa tapi tidak tahu apa yang akan dikatakan pada Tuhan? Saat kita sudah dibaptis Roh Kudus, saat itulah Roh akan membantu kita berdoa. Bahkan, Roh Kudus akan membantu menyampaikan rahasia hati kita kepada Tuhan. Luar biasa! Anda tidak perlu takut kehabisan kata-kata, Tuhan akan selalu mendengar doa kita. Bahkan, doa singkat dari seorang pegawai toko besi sederhana saja Tuhan mendengarkan. “Tuhan Yesus, ini kami,” berkata-katalah kepada Tuhan dengan segenap hati. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Saat kita berbahasa roh, sesungguhnya Roh Kudus sedang MEMBANTU KITA BERDOA kepada Allah dan menyampaikan rahasia hati kita kepada Allah dalam doa.

APLIKASI
 Jelaskan pengetian Anda tentang berdoa dalam Bahasa Roh.

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terima kasih untuk setiap pimpinan-Mu dalam hidup kami. Kami bersyukur bahwa Roh Kudus-Mu dapat menyampaikan seluruh isi hati kami pada-Mu, Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 53-55
Yakobus 5