Berkembang Dalam Roh

BACAAN HARI INI
Matius 25:14-30

RHEMA HARI INI
Matius 25:29 “Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.”

Terkadang, saat Tuhan membisikkan janji-Nya untuk hidup kita, kita harus menunggu. Sama seperti yang dialami oleh Raja Daud. Di dalam 1 Samuel 16, kita dapat membaca kisah saat Nabi Samuel datang untuk mengurapi Daud menjadi Raja atas seluruh Israel. Sebuah janji yang sangat luar biasa, bukan? Bayangkan! Raja atas Israel! Namun, pernahkah Anda membayangkan apa yang Daud rasakan? Tidakkah ia merasakan sebuah keanehan? Saat itu Israel sudah punya seorang Raja, ya, Raja Saul. Dan, ia hanyalah seorang gembala domba! Mungkin saja ada saat dimana Daud sempat mempertanyakan hal ini pada Tuhan, “Benarkah menjadi Raja Israel adalah janji-Mu, Tuhan?” atau “Jangan-jangan Nabi Samuel salah orang…”

Namun, Daud memiliki jiwa dan roh yang luar biasa. Ia tidak berlarut-larut dalam pertanyaan-pertanyaan yang pastinya tidak akan ia temukan jawabannya saat itu juga. Sebaliknya, ia fokus dan setia melakukan apa yang saat itu ia miliki, ya domba-dombanya. Ketika menjadi gembala domba, ia menggembalakan dombanya dengan sungguh-sungguh. Ketika Tuhan mulai membawa Daud ke istana sebagai pemain kecapi, Daud memberikan permainan kecapi yang terbaik. Ketika menjadi pembawa senjata Raja Saul, ia melakukannya dengan senang hati. Ketika Tuhan memberi kesempatan untuk melawan Goliat, ia maju dengan berani.

Hidupnya pun penuh dengan banyak cobaan. Ia dibenci oleh Raja Saul, mertuanya sendiri, dan menjadi buronan. Di saat tersebut, bukannya menyerah, Daud semakin taat kepada Allah. Bukannya mematikan imannya, ia mengobarkannya. Disaat itulah ia berkembang, rohnya menjadi dewasa dan kuat. Disaat itulah Tuhan dapat membangkitkannya menjadi Global Spiritual Giants. Disaat itulah janji Tuhan untuk Daud digenapi. Segala pertanyaan-pertanyaannya pun terjawab. RAJA ISRAEL adalah JANJI TUHAN.

“Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi…” Apa yang kita miliki saat ini? Modal apa yang kita punya? Bakat apa yang bisa kita kembangkan? Karakter apa yang dapat kita pakai? Kita dapat mengembangkan semua hal yang kita anggap tidak berharga sekalipun untuk melakukan perkara besar. Kuncinya adalah mempunyai, dan lagi-lagi semua berujung pada hati kita. Ada banyak orang yang sebenarnya memiliki banyak hal namun tidak menyadarinya dan akibatnya berkutat dengan gerutuan dan penyesalan.

Tetaplah bertumbuh dan berkembang dalam roh. Tetap setia dan taat pada Yesus. Kedewasaan rohani akan kita alami ketika kita mau mengembangkan potensi yang sudah Tuhan berikan kepada kita! Amin. Tuhan Yesus Memberkati.

RENUNGAN
Kedewasaan rohani akan kita alami ketika kita MENGEMBANGKAN POTENSI ROHANI yang sudah Tuhan berikan.

APLIKASI
1. Apa saja potensi yang sudah Anda kembangkan ? Lalu apa potensi yang belum Anda kembangkan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terima kasih untuk setiap potensi yang sudah Engkau berikan. Kami mau kembangkan potensi tersebut agar kami menjadi dewasa rohani.
Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 66-67
2 Timotius 3