BERPUASA TETAPI TIDAK MENGALAMI APA-APA

RHEMA HARI INI

Yesaya 58:3 “Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?” Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu.

Tepat setelah perayaan Paskah, gereja Dedi mengadakan gerakan doa puasa 21 hari. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Dedi tidak berminat untuk ikut dalam kegerakan. Ia merasa tidak ada sesuatu yang spesial terjadi dalam hidupnya. Saat ayahnya mengajak untuk doa puasa bersama sekeluarga, Dedi langsung menolak dan mengatakan alasannya. Mendengarnya, ayah Dedi tersenyum, “Ded, ayah tahu selama ini kamu tidak serius dalam menjalankan doa puasa. Kamu tidur sepanjang hari sampai mendekati waktu berbuka puasa. Kamu juga sering membatalkan puasa sebelum waktunya karena tidak kuat menahan lapar. Janganlah heran kalau kamu tidak mendapat apa-apa dari doa puasa.” Dedi hanya bisa tersenyum malu, “Ayo, tahun ini kita doa puasa bersama lagi. Cobalah untuk lebih serius kali ini.” ajak ayahnya lagi. Dedi akhirnya setuju untuk ikut doa puasa, dalam hati ia berjanji akan lebih bersungguh-sungguh dalam menjalaninya.

Kebanyakan kita menaruh harapan besar pada kuasa doa puasa, sehingga ketika kita tidak mengalami apa-apa, kitapun menjadi kecewa dan enggan untuk berpuasa. Seringkali kita lupa menilik diri kita sendiri, sudahkah kita melakukan doa puasa dengan benar atau ada maksud dan tujuan yang lain dalam berpuasa. Bangsa Israel pun pernah mengalami hal yang sama, selama bertahun-tahun mereka sudah berpuasa, tetapi ternyata Tuhan tidak memperhatikan. Tuhan bahkan tidak mengindahkan dan tidak berkenan. Bangsa Israel tidak mendapat jawaban doa, pertolongan ataupun mujizat. Bahkan secara rohani juga tidak berdampak apapun. Karena itu mereka enggan untuk berpuasa lagi.

Sebaliknya jika motivasi kita benar, pasti kita akan selalu semangat untuk berdoa puasa. Dengan doa puasa, berarti kita sedang mendekatkan diri dan mencari wajah Tuhan. Kita menunjukkan rasa cinta dan syukur kita kepada-Nya. Dengan rendah hati kita memeriksa diri kita sendiri dan memperbaiki apa yang tidak berkenan di mata Tuhan. Meskipun kita mungkin tidak mengalami apa-apa, tetapi kita tidak akan kecewa, karena hubungan kita menjadi semakin istimewa dan dekat dengan Tuhan. Inilah sebenarnya momentum luar biasa yang menarik kuasa Tuhan turun atas kehidupan kita, sebab orang yang dekat dengan Tuhan, pasti menerima impartasi pengurapan dan kuasa-Nya.

RENUNGAN

Jangan sampai karena TIDAK MENGALAMI APA-APA, kita jadi ENGGAN untuk berpuasa.

APLIKASI

1. Apa yang menjadi motivasi Anda dalam berdoa puasa?
2. Menurut Anda, apa yang membuat doa puasa terasa kosong dan sia-sia?
3. Jika selama ini Anda merasa belum mengalami apa-apa dalam doa puasa, bagaimana Anda akan mengatasi rasa enggan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami berdoa untuk kegerakan doa puasa 21 hari yang sedang kami jalani saat ini. Roh Kudus yang tambahkan iman dan membuatnya berhasil, sehingga kami boleh mengalami pengalaman iman yang membangkitkan roh kami. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!