Bersinar Dalam Kegelapan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Tawarikh 17-18
Yohanes 13:1-20

BACAAN HARI INI

Mazmur 37:1-11

RHEMA HARI INI

Mazmur 37:6 Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.

Lyra tidak bisa melupakan pengalamannya saat di planetarium. Ia terkagum-kagum pada berjuta bintang yang seolah-olah mengelilinginya. Ia pun sangat bersemangat ketika ayahnya berkata bahwa ia akan membawa bintang-bintang itu masuk ke dalam kamar Lyra. Suatu hari, sang ayah membawa pulang suatu benda bulat. Ia membawa benda itu ke kamar anaknya dan meletakkannya di tengah ruangan. Setelah mengutak-atik benda itu sebentar, ayah Lyra menyalakannya. Benda itu pun bersinar dengan motif-motif seperti bintang di sekelilingnya. Terlihat cantik, tetapi jelas bukan seperti yang Lyra harapkan. Sang ayah menyadari kekecewaan yang tergambar di wajah anaknya, tetapi ia tersenyum dan mematikan lampu. Dalam sekejap mata, kamar Lyra yang gelap ditaburi bintang-bintang. Begitu indah. Nafas Lyra pun tertahan. Ternyata benda itu bukan sekedar lampu bermotif bintang, tetapi proyektor yang mengubah kamarnya menjadi galaksi mini.

Ada kalanya, kegelapan seolah-olah meliputi hidup kita. Seakan tak ada setitik pun cahaya yang disisakan bagi kita. Kita tak bisa melihat jalan di sekeliling kita dan tak tahu harus melangkah ke mana. Dalam kondisi seperti itu, kekuatiran dan ketakutan pun melanda hati kita. Namun, seterpuruk apa pun keadaan kita, hendaknya kita mengingat identitas kita sebagai anak-anak Tuhan. Tuhan berkata bahwa kita adalah terang dunia. Yang namanya terang, sudah pasti akan bercahaya.

Ya, kegelapan tidak seharusnya menenggelamkan kita. Hanya satu alasan yang membuat Tuhan mengizinkan kegelapan itu hadir, agar cahaya kita bisa bersinar terang. Karena itu, jangan takut, jangan kuatir, percayalah kepada Tuhan dan lakukan bagian kita. Berdiam dirilah di hadapan Tuhan dan menanti-nantikan-Nya. Saat kita berserah penuh dan tetap setia, tentu Tuhan tidak akan tinggal diam. Semakin gelap sekeliling kita, semakin terang kita bercahaya. Semakin banyak persoalan yang menyerbu kita, semakin megah pula kemuliaan yang hendak Tuhan karuniakan kepada kita. (MV.L)

RENUNGAN

SEMAKIN PEKAT KEGELAPAN dan KEKELAMAN yang meliputi hidup kita, justru cahaya kita bisa BERSINAR SEMAKIN TERANG.

APLIKASI

1. Kegelapan apa yang tengah meliputi hidup Anda saat ini?
2. Mengapa Tuhan mengizinkan kegelapan itu menghampiri Anda?
3. Bagaimana Anda akan meresponi situasi hidup Anda saat ini sesuai kehendak Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau tak pernah meninggalkan kami. Tak peduli segelap apa pun kegelapan yang mengelilingi kami, Engkau ada dan bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kami. Engkau bukan hanya akan menerangi hidup kami, tetapi menjadikan kami terang, agar kami bisa menjadi pembawa-pembawa cahaya-Mu bagi orang-orang yang tertinggal dalam kegelapan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”