Bersukacita Dalam Pengharapan

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 18 Maret 2016

BACAAN HARI INI

Habakuk 3:1-19

RHEMA HARI INI

Habakuk 3:19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku.

Biasanya orang hanya bisa bersukacita ketika segala sesuatu berjalan dengan lancar, keluarga baik-baik saja, tubuh sehat, pekerjaan maju, pelayanan berjalan dengan damai. Akan tetapi ketika pencobaan mulai datang, dan ujian ada di depan kita, seringkali banyak orang kehilangan sukacitanya. Akan tetapi kalau kita mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan, maka kita akan bisa tetap bersukacita melalui pencobaan, kesulitan, dan permasalahan yang terjadi dalam hidup kita.

Habakuk 3:17-18 mengatakan: “Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.” Inilah yang dinamakan dengan ‘sukacita sekalipun.’ Saat kita mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan, maka sukacita yang kita rasakan sumbernya dari Tuhan, bukan dari pohon anggur yang berbuah, pohon zaitun yang menghasilkan, kambing domba yang banyak. Bukan!

Kelanjutan dari tulisan nabi Habakuk itu adalah “Allah Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku.” (ayat 19). Kekuatan dari Tuhan inilah yang memberikan sukacita yang tidak tergantung situasi kondisi dalam hidup kita. Sebab sumber sukacita kita didasarkan pada pengharapan di dalam Tuhan yang pasti akan menyelamatkan kita, sehingga apapun masalah dan pergumulan yang terjadi dalam hidup kita, tidak bisa merampas sukacita ilahi yang Tuhan berikan dalam hati kita.

RENUNGAN

Kekuatan dari Tuhan Yesus membuat kita bisa tetap BERSUKACITA DALAM PENGHARAPAN.

APLIKASI

  1. Apa yang mendasari sukacita Anda selama ini?
  2. Bagaimana pengharapan di dalam Tuhan bisa menolong Anda memiliki sukacita yang sejati?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, kami bersyukur atas kekuatan ilahi-Mu yang tercurah dalam hidup kami. Kekuatan-Mu itulah yang membuat kami senantiasa bisa bersukacita di dalam pengharapan. Sebab kami tahu bahwa pengharapan di dalam Engkau tidak pernah mengecewakan kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 7-9