Bersukacita Karena Iman Yang Teguh

BACAAN HARI INI

1 Petrus 1:1-12

RHEMA HARI INI

1 Petrus 1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir. 6 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.

Penulis C.W. Metcalf tengah menjadi sukarelawan rumah sakit darurat ketika bertemu Chuck, 13 tahun, yang sedang sekarat. Suatu hari Chuck memberikan setengah lusin kertas yang ditulis bolak-balik kepada Metcalf sambil berkata, “Saya ingin Anda memberikannya kepada ibu dan ayah saya setelah saya meninggal. Ini adalah daftar kegembiraan yang pernah kami alami; masa-masa yang penuh canda tawa.” Metcalf kagum terhadap remaja yang imannya tetap teguh sehingga di ambang kematiannya masih sempat memikirkan hal-hal baik yang pernah dialaminya. Itulah yang membuatnya bertahan sampai sejauh ini. Sampai di saat kematian Chuck, Metcalfpun mengirimkan daftar itu. Bertahun-tahun kemudian, ia juga memutuskan untuk membuat daftarnya sendiri. Yang mengejutkan, mulanya ia merasa kesulitan dalam menyusun daftar kegembiraannya. Namun ketika ia mulai memperhatikan momen-momen penuh canda tawa, kepuasan, dan sukacita dalam kesehariannya, daftarnya mulai bertambah.

Apapun daftar kegembiraan atau sukacita yang kita kumpulkan sebagai anak-anak Tuhan, pastilah berhubungan dengan kehadiran dan kuasa Yesus Kristus dalam berbagai peristiwa. Itu sebabnya iman kita harus tetap teguh dalam peristiwa apapun, sehingga kita bisa terus bersukacita dan mengucap syukur dalam segala hal.

Hal apa yang membuat Anda mengucap syukur selama ini? Apakah ketika Anda menerima berkat, keadaan Anda sehat, tidak ada sesuatu yang kurang atau bermasalah dalam kehidupan Anda? Atau Anda tetap bisa bersukacita dan bersyukur ketika Anda sedang dalam kekurangan, atau banyak masalah yang terjadi dalam hidup Anda? Milikilah iman yang teguh sehingga Anda bisa terus mengucap syukur dan bersukacita senantiasa di dalam Tuhan!

RENUNGAN

Iman Anda harus TEGUH untuk bisa mengucap syukur dalam segala hal.

APLIKASI

Naikkanlah ucapan syukur kepada Tuhan atas pergumulan yang sedang Anda hadapi saat ini, maka Tuhan akan memberikan sukacita dan kekuatan bagi hidup Anda !

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, kami mohon pertolongan-Mu supaya kami terus teguh dalam setiap persoalan yang kami hadapi, sehingga kami senantiasa bisa mengucap syukur dan bersukacita di dalam Engkau. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN

I Samuel 9-12