Bertumbuh Dalam Anugerah

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Raja-Raja 7-9
Yohanes 1:1-28

BACAAN HARI INI
1 Petrus 3:9-18

RHEMA HARI INI
2 Petrus 3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Pagi itu, sang raja sedang berjalan-jalan di tengah kota bersama anaknya. Tiba-tiba pandangannya tertuju kepada sosok anak kecil berbaju lusuh yang sedang duduk di pinggir jalan sambil menyemir sepatu pelanggannya. Usia anak itu tak jauh berbeda dari usia pangeran, tetapi tampak jelas sekali perbedaan kehidupan mereka. Raja pun merasa iba, apalagi setelah ditanya-tanya, ternyata anak itu hidup sebatang kara. Akhirnya raja memutuskan membawa anak tersebut ke istana dan memberinya nama baru, Richard. Tentu saja ia sangat kegirangan dan sangat amat berterima kasih atas kebaikan raja.

Beberapa tahun berlalu, Richard kini tumbuh menjadi anak muda yang sopan, cerdas, dan cakap. Raja pun sangat mengasihi Richard. Ia mendapatkan fasilitas dan pengajaran yang sama seperti yang diberikan kepada sang putra mahkota. Oleh karena kebaikan hati raja, Richard tidak hanya diselamatkan dari kerasnya kehidupan di jalanan, tetapi ia juga mendapatkan segala kebaikan dan kelimpahan yang bahkan tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Dari ilustrasi di atas, kita dapat melihat bahwa Richard diangkat menjadi anak raja bukan karena apa yang ia perbuat, melainkan karena ia mendapatkan kasih karunia dari sang raja. Demikian halnya dengan kehidupan kita. Apa yang kita miliki saat ini bukanlah karena kita layak ataupun berhak memilikinya, tetapi karena apa yang telah Tuhan berikan bagi kita; itulah yang disebut anugerah. Sama seperti yang disebutkan dalam ayat bacaan di atas, bahwa Kristus telah mati untuk segala dosa kita. Bukan karena kita layak menerima pengampunan, tetapi karena kasih-Nya. Supaya Dia dapat membawa kita kepada Allah, Dia merelakan nyawa-Nya ganti kita. Sehingga bukan hanya keselamatan sajalah yang kita peroleh, tetapi juga hidup baru yang penuh dengan kelimpahan dalam-Nya.

RENUNGAN
Kita SEMUA, tanpa terkecuali, perlu BERTUMBUH DALAM ANUGERAH.

APLIKASI
1. Apakah arti anugerah dalam hidup Anda?
2. Bisakah Anda melihat anugerah Tuhan dalam kehidupan Anda?
3. Mengapa Anda perlu bertumbuh dalam anugerah? Jelaskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih untuk anugerah yang telah Engkau berikan dalam hidup kami. Kami mau belajar untuk terus bertumbuh dalam anugerah, ya Bapa. Karena kami tahu bahwa kami tidak dapat hidup tanpa kasih karunia dari-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”