Bertumbuh Dalam Anugerah

adorable-amazing-beautiful-boquet-Favim.com-884886RHEMA HARI INI
Mazmur 92:13-14 Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.

Di sebuah pegunungan terlihat hamparan kebun mawar yang sangat menawan. Berbagai jenis mawar ada di sana. Komoditi yang paling menarik dari bunga-bunga disana adalah mawar merah hibrida. Mawar yang satu ini sangat menarik. Mawar yang boleh diklasifikasikan sebagai Mawar Hybrid Teh ini memiliki varietas warna yang cukup banyak dan produktivitasnya tinggi, antara 120 – 280 kuntum bunga/m2/tahun. Seorang ibu muda yang tertarik dengan bunga-bunga disana hendak membeli bibit bunga mawar Hybrid Teh untuk ia tanam di pekarangan rumahnya. Penjual bibit yang ada di kebun itu bertanya, “Mau ditanam di rumah? Kalau rumahnya ada di daerah tinggi dan udaranya sejuk tidak masalah. Bunga ini hanya bisa berkembang di udara dingin saja.” Ibu muda yang berasal dari kota ini tidak menghiraukan anjuran pedagang itu. Karena ia menyukainya, ia membeli mawar jenis ini. Sesampainya di rumah, ibu muda ini segera menanam mawar yang ia bawa. Dengan antusias ia merawat tanaman itu. Namun, seminggu kemudian, ia mendapati batang mawarnya mulai kecoklatan dan kering sekalipun ia memberi tanamannya air dan pupuk yang cukup. Teringatlah ia dengan perkataan pedagang mawar itu. Merasa kasihan, ibu ini meminta pegawainya mengembalikan tanaman mawar yang hampir kering itu ke pedagang di gunung, ia berharap mawar itu masih bisa diselamatkan. Pegawainya pulang dan berkata, “Bu, bunganya sudah saya kembalikan dan pedagang itu berterimakasih karena terlambat satu hari lagi, mawar itu akan mati.” Setelah mendengar hal itu, hatinya menjadi lega. Beberapa bulan kemudian, saat liburan tiba, keluarga ibu ini berwisata lagi ke daerah pegunungan itu. Ia melihat para pedagang itu masih berjualan disana dan ibu muda ini turun dari mobilnya, menghampiri bapak penjual bunga dan bertanya, “Pak, bagaimana bunganya? Bisa hidup?” “Bisa bu. Saya menanamnya terpisah dari yang lainnya karena setelah hampir mati, mawar itu memerlukan perawatan yang lebih daripada yang lainnya. Mawar yang ibu kembalikan itu sudah cukup besar dan sudah menghasilkan. Lihat saja disana.” Kata penjual bunga sambil menunjuk ke sebuah lahan yang hanya ditumbuhi oleh satu pohon mawar yang penuh dengan bunga.

Dalam menanam mawar, kita harus menanamnya di tempat dan situasi yang tepat supaya mawar itu dapat terus hidup dan produktif. Satu hal yang harus kita mengerti yaitu musim semi adalah saat yang paling tepat untuk menabur. Mengapa? Karena ini adalah kairos-Nya Tuhan! Waktu anugerah-Nya tiba dalam hidup kita! Kalau masa anugerah tiba, maka apapun yang ditaburkan akan tumbuh dengan subur! Berbeda dengan Musim Dingin, apapun yang ditabur akan mati beku! Beda dengan musim kering, tidak ada air, maka benihnya tidak bisa bertumbuh! Musim semi adalah saatnya kita menaburkan benih kita sehingga benih itu bertumbuh dengan subur.

RENUNGAN
Kalau masa anugerah tiba, apapun yang ditabur akan tumbuh dengan subur.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah menaburkan benih Anda dengan tepat?
2. Komitmen apa yang akan Anda buat supaya Anda bisa menaburkan benih Anda dengan tepat?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, kami bersyukur atas anugerah-MU yang membawa kami dalam musim panas dimana kami bisa menaburkan benih kami dan pasti akan bertumbuh dalam anugerah-MU. Terimakasih Tuhan. Amin