Bertumbuh dalam Didikan Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Senin, 13 Februari 2017

BACAAN HARI INI

Amsal 13:1-25

RHEMA HARI INI

Amsal 13:18 Kemiskinan dan cemooh menimpa orang yang mengabaikan didikan, tetapi siapa mengindahkan teguran, ia dihormati.

Ada seorang anak kecil yang sudah waktunya belajar berjalan. Sang ibu kerap menurunkannya dari gendongan, berdiri agak menjauh dan memanggil namanya. Saat mencoba melangkah, terkadang si anak terjatuh dan menangis. Mungkin anak kecil itu berpikir ibunya jahat, sebab tidak segera menolongnya. Namun sang ibu tidak segera datang menolong karena ia ingin anaknya terus berusaha sendiri. Ada juga seorang ayah yang memberikan kado ulang tahun kepada anak laki-lakinya berupa alat pancing, lengkap dengan mata kail dan sekaleng umpan. Kado itu bertuliskan, “Anakku, mulai hari ini Ayah tidak akan lagi hanya memberimu ikan, tetapi akan mengajarimu menangkap ikan dengan pancing ini, sehingga kamu akan mahir seperti ayah.” Si anak tersenyum dan berkata dalam hatinya, “Ayah sudah menganggapku dewasa.”

Jika direnungkan, tidakkah Anda menyadari bahwa sesungguhnya sang ibu dan sang ayah dalam ilustrasi di atas adalah sama seperti Bapa kita di sorga? Dia ingin melihat anak-Nya terus bertumbuh dewasa dalam segala hal. Karena Anda adalah anak yang sangat dikasihi-Nya, sebagai Bapa yang baik, DIA HARUS MENDEWASAKAN ANDA DENGAN CARA MELATIH DAN MENDIDIK ANDA. Termasuk juga dalam hal keuangan. Saat Anda diizinkan Tuhan mengalami berbagai macam persoalan keuangan, sangat mudah bagi Tuhan untuk segera bertindak dan menolong Anda dengan mujizat-Nya. Namun jika itu terus dilakukan-Nya, Anda sama sekali tidak akan mengalami pertumbuhan apa-apa.

Saat ini yang harus Anda lakukan adalah menguatkan kepercayaan kepada Tuhan bahwa PASTI ada maksud yang baik di balik semua persoalan keuangan yang sedang Anda hadapi. Mulailah mencari tahu apa yang ingin diajarkan-Nya. Ya, daripada bertanya mengapa, jauh lebih baik bertanya apa yang ingin Tuhan ajarkan. Semakin cepat Anda mengerti dan mau belajar, semakin cepat pula keadaan Anda akan berubah dan favor Tuhan pun akan siap dicurahkan dalam kehidupan keuangan Anda. Tetaplah berpikir positif karena Tuhan pun sudah sangat menanti-nantikan saatnya untuk mencurahkan berkat-Nya bagi Anda sampai berkelimpahan. Haleluya!

RENUNGAN

Daripada melakukan mujizat langsung, Tuhan lebih memilih MENGAMBIL WAKTU UNTUK MENDIDIK KITA tentang Manjemen Keuangan Allah

APLIKASI

  1. Masalah keuangan apakah yang sedang Anda hadapi saat ini?
  2. Coba renungkan, adakah hal yang sesungguhnya ingin Tuhan ubah dari diri Anda dalam hal mengelola keuangan?
  3. Komitmen apa yang dapat Anda ambil untuk melakukan perubahan itu?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau selalu memakai segala sesuatu untuk mendidik dan mendewasakan kami. Berikan kami hikmat supaya kami mengerti apa yang sesungguhnya ingin Engkau ajarkan kepada kami. Kuatkanlah hati kami selalu, ya, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Amsal 1-5