Bertumbuh Dari Iman Level Dasar

ReKA Video

 

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
Yohanes 20:24-31

RHEMA HARI INI
Yohanes 20:29 Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

“Tunjukkan dulu buktinya, baru aku percaya.” Seberapa banyak kalinya, kita mendengarkan orang-orang di sekeliling kita mengatakan pernyataan tersebut? Bukan hanya mereka, mungkin kita sendiri pun suka mengatakannya. Ya, di dunia yang kian dipenuhi dengan kebohongan dan kasus penipuan, kita pun cenderung ingin melihat buktinya terlebih dahulu sebelum mempercayai sesuatu. Semua itu karena kita takut menjadi korban dan dikecewakan.

Saat Tuhan Yesus bangkit dari kematian, salah seorang murid-Nya, Tomas, juga sempat mengalami krisis kepercayaan. Padahal ia adalah salah satu dari kedua belas murid terdekat Yesus. Dedikasinya kepada Yesus tidak usah diragukan lagi. Ia bahkan berani mati bersama Yesus (Yoh.11:16). Sepanjang pelayanan Yesus, ia juga sudah melihat berbagai kemustahilan diubahkan menjadi mujizat. Namun, tetap saja ia tak percaya ketika teman-teman terdekatnya sendiri mengatakan bahwa Yesus telah bangkit. Inilah masalahnya, rupanya selama itu ia percaya karena melihat berbagai keajaiban yang Tuhan Yesus lakukan. Sehingga ia baru bisa kembali percaya saat bertemu muka dengan muka dengan-Nya.

Satu hal yang perlu kita pahami, meski Tuhan Yesus berkata, “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya,” hal itu tidak berarti Dia sedang menyalahkan Tomas. Namun Yesus sepenuhnya mengerti. Bagaimanapun, alasan Dia melakukan berbagai mujizat di hadapan banyak orang adalah karena Dia tahu, kebanyakan orang baru bisa percaya setelah melihat. Oleh karena mereka melihat dan kabar tentang mujizat itu tersebar, semakin banyak orang yang berbondong-bondong datang kepada-Nya. Namun, Tuhan ingin agar iman kita terus bertumbuh, berlipat ganda, bahkan mengalami ledakan. Sampai kita bisa melihat yang tak kelihatan dan mempercayai Tuhan sanggup mengerjakan yang sangat mustahil untuk terjadi sekalipun. Dengan iman seperti itulah, mujizat demi mujizat akan melanda hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN
Kebanyakan orang imannya baru di LEVEL DASAR: melihat DULU, baru PERCAYA.

APLIKASI
1. Coba Anda renungkan, sudah sampai di manakah level iman Anda sekarang ini?
2. Mengapa iman Anda perlu mengalami pertumbuhan secara terus-menerus sampai mengalami ledakan iman?
3. Bagaimana iman Anda bisa mengalami pertumbuhan yang nyata?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau bukanlah Allah yang membiarkan iman kami berhenti bertumbuh. Seperti biji sesawi, Engkau ingin iman kami yang semula kecil bisa bertumbuh dan menjadi pohon yang besarnya melebihi pohon-pohon lainnya. Kami ma uterus memandang-Mu, ya Yesus, sebab Engkaulah yang membawa iman kami kepada kesempurnaan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”