Bertumbuh Sampai Menjadi Dewasa

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 26 Juni 2016

BACAAN HARI INI

Efesus 1:1-16

RHEMA HARI INI

Efesus 4:13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

Seorang bayi yang baru saja lahir tidak serta-merta bertumbuh menjadi dewasa. Bayi itu tentu butuh perlindungan, pengasuhan dan didikan di setiap fase dalam pertumbuhannya. Bahkan nutrisi nya pun disediakan sesuai dengan usianya. Ketika anak itu mulai menginjak usia sekolah, mulailah diberikan ajaran tentang kedisiplinan, peraturan juga tentang tanggungjawab. Semakin dewasa, akan semakin banyak yang bisa dipelajari dan tentunya dari segi makanan serta cara mendidik akan berubah juga. Makanan apa yang dimakan, didikan seperti apa yang diberikan, lingkungan seperti apa tempatnya bertumbuh akan sangat menentukan seperti apa pribadinya kelak.

Prinsip yang sama juga sebenarnya terjadi di dalam keluarga rohani. Seorang yang lahir baru dapat diibaratkan seperti bayi yang baru lahir. Ia sudah pasti membutuhkan tempat yang bisa menjaga, melindungi dan memberinya pengasuhan dalam pertumbuhan rohaninya. Juga butuh orang tua rohani yang memberinya makan, mendokan dan memberi dukungan. Namun tidak hanya sampai pada tahap itu, seorang yang terus bertumbuh rohaninya akan mengalami fase dimana dia akan mulai dimuridkan supaya karakter dan kedewasaan nya mulai bertumbuh. Sampai pada akhirnya orang itu mulai menghasilkan buah-buah di dalam hidupnya, mulai dapat juga memuridkan orang lain dan karakternya makin diubah menjadi serupa dengan Kristus.

Untuk mencapai kedewasaan rohani yang maksimal seperti itu, selain dibutuhkan lingkungan yang mendukung, orang tua rohani, juga sangat diperlukan hati yang mau dimuridkan dan dididik. Karena tanpa hal itu, tidak mungkin seseorang akan mencapai kedewasaan rohani. Seorang anak yang taat akan lebih mudah menjadi anak yang berhasil dibandingkan dengan anak yang tidak mau taat dan tidak mau diajar.

Oleh karenanya, sangat penting untuk memiliki semua itu ditambah dengan hati yang mau taat dan dimuridkan. Mungkin ada kalanya Anda memiliki beda pandangan dengan orang tua rohani Anda. Atau nasihat yang Anda terima tidak seperti yang Anda harapkan. Tetapi disitulah justru ketaatan Anda yang akan semakin membuat Anda dewasa. Hari ini, Tuhan mengingatkan Anda bahwa di dalam keluarga rohanilah Anda bisa terus bertumbuh dan mendapatkan didikan yang membawa Anda terus bertumbuh dewasa. Milikilah hati yang taat dan ikutilah dengan setia setiap program yang ada di dalam Gereja Keluarga Allah dengan meminta pengarahan dari orang tua rohani Anda. Semuanya itu akan menjadi makanan dan faktor penting yang mendukung kerohanian Anda semakin bertumbuh kuat. Bersyukurlah dan jangan berhenti bertumbuh supaya hidup Anda terus berbuah lebat dan nama Tuhan semakin dipermuliakan melalui hidup Anda!

RENUNGAN

Di dalam Keluarga Allah, kita digembalakan, mendapat perlindungan rohani, dan dimuridkan sampai kita mengalami KEDEWASAAN PENUH di dalam Tuhan.

APLIKASI

  1. Adakah hal yang masih menghambat Anda untuk bertumbuh?
  2. Tuliskan komitmen Anda untuk menghancurkan hambatan itu dan komitmen Anda untuk terus bertumbuh dewasa!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih karena Engkau menempatkan aku disebuah keluarga rohani, Keluarga Allah dimana aku bisa bertumbuh. Berikan aku kekuatan untuk senantiasa taat dan memiliki hati yang yang diajar dan dimuridkan, supaya hidupku bisa berbuah lebat bagi kemuliaan namaMu. Di dalam nama Tuhan Yesus, Amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yakobus