Buah Dari Puasa

RHEMA HARI INI
Yesaya 58:6 “Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk”

Maximillian Kolbe (Biarawan Fransiskan Conventual Polandia) memiliki salah satu pekerjaan terburuk di Kamp SS (Schutz Staffel, satuan elite Nazi Jerman). Membawa batu serta papan melalui lumpur untuk membangun krematorium (tempat pembakaran mayat). Setiap hari ia didera oleh penjaga Kamp yang sadis, tetapi sementara itu, Max tetap tersenyum. Seorang tawanan mengenang, karena semua berusaha bertahan hidup dengan cara apapun, mata semua tawanan melirik kesana kemari kalau-kalau mendapat kesulitan atau dihantam, hanya Kolbe saja yang tenang pembawaannya. Terlepas dari penderitaannya, ia benar-benar sehat, penuh damai sejahtera. Yang lainnya berkata, tatapan matanya itu sangat tajam menembus. Para personel SS tidak tahan ditatapnya, dan suka membentaknya, pandangilah tanah, bukan kami. Kolbe sering membiarkan orang lain mengambil jatah makannya, ketika itu terjadi ia justru sengaja berpuasa hari itu, ia berkata, “Setiap orang memiliki sasaran dalam hidupnya, kebanyakan dari kalian ingin kembali kepada keluarga kalian, tugas saya adalah memberikan kehidupan saya bagi kebaikan semua orang.” Kolbe mendorong orang lain untuk memelihara pengharapan, menaikkan pujian dan tekun berdoa, seseorang mengenang, “Ia membuat kami sadar bahwa jiwa kami tidak mati.”

Musa berpuasa 40 hari di Gunung Tuhan, dan setelah itu dia kembali dengan dunamis yang besar, sampai-sampai wajahnya bersinar-sinar penuh kemuliaan. Bahkan dalam sejarah gereja Tuhan, hampir semua hamba Tuhan yang bergerak dengan Dunamis yang sangat besar selalu bercerita bahwa titik terobosan Roh dalam hidup mereka terjadi ketika mereka berpuasa 40 hari dan mengkhususkan diri mereka untuk mencari Tuhan. Itu sebabnya mari kita semua mendisiplinkan diri dalam doa puasa, minimal satu hari dalam seminggu, supaya dari waktu ke waktu manusia Roh kita semakin berkembang dan dunamis kita makin kuat, bahkan melalui hidup kita ada banyak Mujizat yang Tuhan kerjakan, banyak jiwa diselamatkan, dan nama Tuhan dipermuliakan. Amin, Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Saat kita BERPUASA, sesungguhnya kita sedang MENEKAN KEINGINAN DAGING kita, serta memberi ruang bagi manusia roh kita untuk bisa berkembang.

APLIKASI
1. Koreksi diri anda, apakah selama ini anda sudah melakukan puasa ?
2. Apa yang anda lakukan agar anda tetap setia dalam berpuasa dan apa yang anda rasakan saat menjalankan puasa itu ?

DOA UNTUK HARI INI
Terimakasih Tuhan karena hari ini pengajaranMu membuat kami mengerti bahwa dengan berpuasa kami mampu mengembangkan manusia roh kami. Kami mau terus pegang itu agar manusia roh kami makin hari makin bertumbuh. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Kejadian Pasal 13-15
Matius Pasal 5 ayat 1-16