Buang Dosa Untuk Comeback Besar

BACAAN HARI INI
1 Yohanes 1:5-10

RHEMA HARI INI
1 Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Bagi yang pernah melakukan operasi katarak pasti akan merasakan sensasi pandangan yang sangat terang dan jernih begitu dokter memperbolehkan melepas perban penutupnya. Katarak adalah kondisi mata dimana lensa mata menjadi keruh dan berawan. Penderitanya akan merasa seperti melihat melalui jendela berasap. Katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa menganggu, namun lama kelamaan katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat penderitanya sulit menyetir, membaca ataupun melakukan aktivitas rutin lainnya. Bila sudah terlanjur parah dan sulit menjalani aktivitas harian, pilihannya hanya operasi pngangkatan katarak. Lensa mata yang rusak harus dibuang dan diganti dengan lensa buatan.

Dosa pun awalnya bisa jadi tidak terasa, mulai dari sedikit kompromi lalu lama kelamaan dosa membuat kita terjerat dan terikat, sulit sekali untuk melepaskan diri. Dosa akan membuat kita kalah tanpa henti. Mungkin rasanya tidak masuk akal karena kadang dosa itu tidak ada kaitannya secara langsung atau tidak ada hubungannya  dengan kekalahan yang kita alami. Dosa menghalangi hubungan kita dengan Tuhan dan membuat kita tidak bisa melihat rencana Tuhan atas hidup kita. Tidak ada pilihan lain selain memotong dan membuang dosa.

Jangan berlama-lama untuk menyingkirkan dosa segera setelah kita melakukan evaluasi dan mengetahuinya. Segera bankit dan buang dosa, begitu dosa sudah disingkirkan, maka pembalikan keadaan akan mulai terjadi. Kita mulai dapat melihat dengan jelas betapa mulianya rencana Tuhan atas hidup kita. Inilah yang akan membuat kita bangkit kembali dan mendapatkan kemenangan demi kemenangan yang Tuhan telah sediakan bagi setiap anak-anakNya.

RENUNGAN
Kalau kita mau mengalami COMEBACK BESAR dan memperoleh KEMENANGAN, segeralah BANGKIT dan BUANG DOSA!

APLIKASI
1.    Sudahkah Anda mengevaluasi diri di hadapan Tuhan dan mengakui setiap kesalahan yang Tuhan ingatkan?
2.    Langkah konkret apa yang akan Anda ambil untuk membuang dosa?
3.    Sudahkah Anda meminta bantuan Roh Kudus untuk menolong Anda lepas dari segala ikatan dosa?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami bersyukur atas kasih-Mu yang sudah menebus kami. Kuasa darah-Mu sanggup melepaskan kami dari segala  ikatan dosa. Urapi kami agar kami memiliki kekuatan Ilahi untuk kami dapat meninggalkan segala dosa maupun  kebiasaan yang tidak berkenan di hadapan-Mu. Sehingga kami boleh mengalami terobosan dalam setiap pergumulan yang kami hadapi. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin