Buang Dosa

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 16 April 2016

BACAAN HARI INI

Amsal 15:1-33

RHEMA HARI INI

Amsal 15:29 TUHAN itu jauh dari pada orang fasik, tetapi doa orang benar didengar-Nya.

Siapa yang tidak ingin mempunyai tubuh atletis dan bugar seperti Cristiano Ronaldo? Pemain sepak bola yang sekarang bermain untuk klub Real Madrid di Spanyol ini memiliki tubuh ramping berotot dengan six pack di perutnya, V-shape di punggungnya yang berbentuk seperti sayap. Tubuhnya juga terlihat kencang, simetris dan bebas lemak. Dengan tubuh seperti ini, tidak heran telah banyak prestasi yang dapat diraihnya, dari jumlah gol yang dicetaknya sebagai pemain depan, berbagai gelar untuk klub yang telah dibelanya, serta penghargaan-penghargaan sebagai individu berkali-kali disabetnya.

Namun, semua keberhasilan ini ternyata bisa dicapainya di saat dia membuang banyak kebiasaan buruk yang akan menghalanginya untuk berprestasi. Dia menghindari junk food serta makanan olahan yang banyak mengandung lemak, dia disiplin dalam jam tidur serta membuang kebiasaan tidur larut malam dan nongkrong di bar atau diskotik. Bodyweight training seperti push up, crunch, leg raise, juga tak pernah ia tinggalkan untuk meningkatkan kekuatan atletik dan membuang lemak tubuhnya. Tatkala dia banyak menyingkirkan kebiasaan buruk dan menggantikan dengan porsi latihan yang positif, dia bisa berlari dengan sangat cepat di lapangan, mencetak banyak gol, memberikan kemenangan dan menorehkan banyak prestasi.

Mirip dengan kehidupan seorang atlet, bagaimana kehidupan spiritiual dan doa kita bisa terus melaju dan mempunyai kuasa yang besar. Tergantung bagaimana kita bisa membangun hidup kita dengan membuang setiap dosa yang masih sering kita lakukan dan menggantikannya dengan kehidupan roh yang sehat. Dosa mengakibatkan roh kita tidak dalam kondisi prima, sehingga menghalangi kita untuk mengalami kemenangan dalam kehidupan spiritual kita.

Terus mendekat dan bersekutu dengan Tuhan membuat kita bisa menghindari dosa. Gantikan dosa dengan melakukan kebenaran. Mari kita melakukan introspeksi, dosa apakah yang masih sering kita lakukan. Bertobat, akui, serta singkirkan secara total dosa-dosa tersebut, serta gantikan dengan perkara-perkara roh dan lakukan kehendak Tuhan, maka kita bisa meraih jawaban-jawaban doa serta prestasi yang fantastis bersama Tuhan.

RENUNGAN

Setiap kali kita MEMBUANG DOSA, sesungguhnya kita sedang MENYINGKIRKAN satu lagi PENGHALANG DOA.

APLIKASI

  1. Penghalang doa apa saja yang masih ada dalam hidup Anda?
  2. Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk menyingkirkan penghalang doa itu dari hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, tolong kami sehingga di dalam kehidupan kami bisa menyingkirkan setiap penghalang yang masih menghalangi kami untuk bertemu dengan Engkau. Kami percaya bahwa dengan kekuatan dari pada Tuhan, kami bisa mengalami banyak terobosan di dalam kehidupan doa kami. Demi nama Yesus kami telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 34-36