Buatlah Perencanaan Yang Matang

ReKA (Renungan Keluarga Allah)
Hari #1
Senin, 18 Januari 2016

BACAAN HARI INI

Amsal 24:1-34

AUDIO

RHEMA HARI INI

Amsal 24:6a Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang

Ada sebuah cerita tentang pertualangan seorang pemuda yang gagal, akibatnya ia terdampar di keganasan alam Alaska. Pertualangan pemuda itu dimulai pada musim semi tahun 1981, ia terbang ke daerah utara yang terpencil untuk memotret pemandangan indah di padang es. Dia memperlengkapi diri dengan 500 rol film, senjata dan 1400 pon perbekalan.

Bulan demi bulan berlalu, halaman buku hariannya berubah dari kekagumannya pada kehidupan liar disekelilingnya menjadi catatan yang menyedihkan. Dalam bulan Agustus ia menulis, “Saya seharusnya merencanakan dengan lebih teliti tentang keberangkatan saya.” Rupanya ia akan kehabisan perbekalannya. Dia menunggu tetapi tidak ada orang yang datang menyelamatkannya.

Pada bulan November pemuda itu meninggal disebuah lembah dekat dengan danau tak bernama, 225 mil sebelah utara Fairbanks. Sebuah penyelidikan mengungkapkan bahwa dia telah merencanakan dengan baik keberangkatannya tetapi dia tidak merencanakan bagaimana ia harus meninggalkan daerah itu.

Perencanaan yang kurang matang, seringkali berujung kepada kegagalan. Itu sebabnya jika kita ingin supaya tahun 2016 ini sungguh-sungguh bisa menjadi tahun kemenangan bagi kita, maka kita perlu membuat perencanaan yang matang dalam seluruh aspek kehidupan kita: dalam kehidupan keluarga kita, pekerjaan kita, usaha kita, keuangan kita, pelayanan kita, dll. Sebuah pepatah mengatakan: “Orang yang tidak membuat perencanaan yang matang berarti merencanakan untuk gagal.”

Perencanaan bisa dimulai secara sederhana dengan merencanakan apa saja yang akan Saudara kerjakan hari ini. Kalau Saudara sudah bisa membuat perencanaan untuk hari ini, berjalanlah lebih jauh untuk membuat perencanaan selama satu minggu ke depan, satu bulan ke depan, satu tahun ke depan, dan seterusnya. Mintalah tuntunan Roh Kudus untuk mengarahkan dan memimpin setiap perencanaan yang Saudara buat. Maka kita pasti akan mengalami kemenangan demi kemenangan dalam hidup kita di sepanjang tahun 2016 ini.

RENUNGAN

Untuk sungguh-sungguh mengalami kemenangan, kita harus memiliki PERENCANAAN YANG MATANG.

APLIKASI

Sudahkah Anda membuat perencanaan untuk hari ini, seminggu ke depan, satu bulan ke depan dan satu tahun ke depan?

DOA UNTUK HARI INI

Allah Roh Kudus, kami mohon tuntunan-MU untuk membuat perencanaan yang baik dalam hidup kami. Kami rindu setiap perencanaan yang kami buat dalam tuntunan-MU akan mendatangkan kemuliaan bagi nama-MU. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Amsal 22-24