Cara Mengalahkan Keinginan Daging

RHEMA HARI INI
Roma 8:5 “Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.”

Suatu hari seorang anak laki-laki yang sedang ikut dalam perkemahan musim panas menerima sekotak kue dari ibunya. Ia memakan beberapa buah dan menyembunyikan kotak itu dibawah tempat tidurnya. Keesokan harinya, ia mendapati kotak itu hilang. Belakangan seorang konselor yang diberi tahu mengenai pencurian itu melihat si pencuri sedang duduk dibawah pohon sambil menikmati kue-kue curiannya. Ia menemui anak pemilik kue itu lalu berkata, “Bill, aku tahu siapa yang mencuri kuemu, maukah kamu membantu aku untuk memberi pelajaran kepadanya?” Anak itu menjawab, “Yah, saya pikir…, tetapi apakah Anda tidak mau menghukumnya?” Si Konselor berkata, “Tidak secara langsung, hukuman hanya akan membuatnya membenci mu. Aku punya gagasan, tetapi pertama-tama aku ingin engkau meminta ibumu untuk mengirimi kue-kue lagi.” Anak itu melakukan sesuai permintaan konselor itu, dan beberapa hari kemudian, bingkisan berisi kue itupun datang. Si Konselor lalu berkata, “Anak yang mencuri kuemu sekarang ada ditepi danau. Aku sarankan engkau pergi kesana dan membagi kuemu dengannya.” Anak itu protes, “Tetapi ia sudah mencuri kueku!” “Aku tahu,” kata Konselor itu. “Kita lihat apa yang nanti terjadi.” Satu jam kemudian si Konselor melihat kedua anak itu mendaki bukit bersama, si pencuri sungguh-sungguh berusaha mencoba agar teman barunya itu mau menerima kompas miliknya sebagai ganti kue yang dicurinya, dan si korban menolak serta berkata sedikit kue-kue tidak semahal kompas itu.

Menyelesaikan masalah dengan cara Rohani jauh lebih tepat dan efektif dibanding dengan cara jasmani. Masalah dan pergumulan kita sehari-hari akan menjadi mudah diselesaikan kalau cara kita menanggapi dengan hikmat dan kebijaksanaan dari Tuhan. Pemahaman dan pengetahuan kita tentang Alkitab sangat mempengaruhi gaya hidup kita, pola pikir kita dan kemampuan kita dalam mengaplikasikan Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Merenungkan Firman Tuhan siang dan malam adalah kunci utama keberhasilan kita (Mazmur 1:1-3) Mempelajari Firman Tuhan lebih dalam lagi bisa juga kita lakukan dengan terlibat dalam SOM, ikut Retreat Encounter, dsb. Kita akan sangat tertolong sebab hamba-hamba Tuhan yang berpengalaman akan membantu kita, menjadi Konselor yang mengarahkan kita untuk semakin dewasa dalam kehidupan Iman percaya kita. Perjumpaan dengan Tuhan secara langsung akan merubah paradigma kita dalam hidup melakukan Firman Tuhan. Amin, Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Satu-satunya cara untuk mengalahkan KEINGINAN DAGING adalah HIDUP DALAM ROH.

APLIKASI
1. Dari renungan hari ini, hal-hala apa saja yang anda dapatkan ?
2. Dan sudahkah hal-hal itu anda terapkan dalam hidup anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami bersyukur karena pengajaranMu pada hari ini senantiasa mengingatkan kami bahwa kunci mengalahkan keinginan daging adalah hidup dalam Roh. Amin.