Cara Menjaga Hati Seperti Daud

BACAAN HARI INI
Roma 1:18-32

RHEMA HARI INI
Roma 1:24 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka.

Dona dan Dina adalah sahabat karib namun keduanya memiliki sifat yang berbeda, Dona mudah terpengaruh oleh orang lain, sementara Dina adalah seorang yang percaya diri dan tidak gampang terpengaruh oleh keadaan. Mereka bekerja di perusahaan televisi swasta terkenal. Di tahun ketiga mereka bekerja disana, terdengar satu kabar yang tidak mengenakkan dari teman sekerja mereka bahwa keuangan perusahaan swasta tersebut sedang mengalami masalah serius. Meskipun tidak jelas sumbernya, berita itu sampai kepada seluruh karyawan dan staff, termasuk Dona dan Dina. Dona langsung terpengaruh, ia memikirkan untuk resign dan mencari tempat kerja lain dalam waktu dekat. Berbeda dengan Dina yang belum memutuskan apapun dan memilih untuk berdoa sebelum mengambil langkah selanjutnya. Dona kemudian sungguh-sungguh mengajukan resign, yang sebenarnya justru merugikan dirinya sendiri, karena sampai lama kemudian Dona belum mendapatkan pekerjaan baru. Sementara Dona yang memilih untuk tetap tinggal justru mendapatkan kenaikan jabatan. Ternyata kabar buruk tentang perusahaan itu adalah hoax atau isu belaka.

Hati yang tidak dijaga akan mudah sekali tercemar, bahkan oleh masalah sepele sekalipun. Hati kita adalah target pencemaran iblis, ia akan mengupayakan berbagai cara untuk mencemari hati lewat rasa takut dan cemas yang berlebihan, curiga, salah paham, iri dan banyak lagi cara yang dipakainya. Jika hati kita sampai teracuni, maka hidup kita otomatis akan memancarkan sesuatu yang negatif, yang pada akhirnya akan menghancurkan hidup kita sendiri. Cara paling ampuh untuk menangkal racun si iblis adalah seperti cara Daud, yaitu membangun gaya hidup yang menyembah Tuhan. Gaya hidup menyembah menolong Daud untuk terus memiliki hati yang lurus di hadapan Tuhan.

Dengan kita menyembah, berarti kita sedang mengakui dan mengucap syukur atas semua kebaikan Tuhan dalam hidup kita sehingga tidak ada tempat lagi untuk ketakutan dan hal-hal lain yang merusak masuk dalam hati kita. Kita percaya dengan kebaikan dan tuntunan Tuhan atas hidup kita, semua masalah akan dapat teratasi. Dengan masuk lebih dalam dalam hadirat Tuhan dengan penuh ucapan syukur, maka hati kita akan mengalami revolusi dan semua racun yang iblis tebarkan akan lenyap dengan sendirinya digantikan dengan sukacita, kekuatan dan damai sejahtera.

RENUNGAN
Hati yang TIDAK DIJAGA akan mudah sekali untuk TERCEMAR.

APLIKASI
1. Jika dengan jujur Anda menilai, orang yang bagaimanakah Anda? Apakah hati Anda sudah terjaga dengan baik?
2. Dengan cara atau melalui apa iblis berusaha mencemari hati Anda selama ini?
3. Jika selama ini Anda sulit masuk dalam hadirat Tuhan dengan lebih dalam di rumah Anda, sudahkah Anda coba datang ke pondok Daud?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami sadar bahwa ada begitu banyak hal yang berpotensi untuk mencemari hati kami. Kami sungguh bersyukur atas semua kebaikan-Mu dalam hidup kami sampai saat ini. Kau tak pernah biarkan kami sendiri, tangan-Mu yang kuat selalu menopang kami. Bersama-Mu kami aman dan terjaga. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.