CIPTAKAN INOVASI-INOVASI YANG BARU

RHEMA HARI INI:
Amsal 8:12 “Akulah hikmat; padaku ada pengertian, kebijaksanaan dan pengetahuan.”

Bermula dari sebuah kantor kecil di ruang satpam, perusahaan asal Cina dengan nama Legend (Lianxiang) ini mengawali sepak terjang mereka dalam dunia teknologi. Salah satu founder perusahaan ini, Liu Chuan Zhi, menapaki jenjang karirnya sebagai agen penjualan IBM ketika masih memakai jas pinjaman. Namun kisah pahit Liu yang tak bisa berbahasa Inggris ini sangatlah berbeda ketika dia dan rekan-rekannya serius mengelola perusahaan mereka. Dua puluh tahun kemudian, Liu, mengakuisisi IBM dan memasukkan perusahaan mereka sebagai produsen PC terbesar di dunia pada tahun 2004. Tahun 2005 – 2009, perusahaan yang Liu pegang ini meengalami masa-masa yang cukup baik, Akusisi dengan IBM membuat sektor penjualan komputer mereka meningkat. Awalnya, banyak yang meragukan akuisisi ini akan berbuah pada kesuksesan. Namun nyatanya sukses membangkitkan bisnis PC IBM yang dikenal dengan sebutan ThinkPad. Hanya dalam 3 tahun, pendapatan melonjak mencapai USD 15 miliar dari awalnya USD 3 miliar. Namun pada tahun 2009, mereka menorehkan catatan sejarah yang cukup suram. Ditengah hebatnya persaingan perusahaan komputer yang cukup sulit saat itu, produk mobile gadget mulai berkembang. Liu Chuan Zhi melepaskan jabatan dari perusahaan itu da tonggak kepemimpinan dipegang oleh Yang Yiang Qing. Pergantian CEO ini membawa angin baru bagi perusahaan tersebut dan melalui berbagai inovasi yang dibuat, perusahaan ini mampu memperbaiki pangsa pasar mereka dan sampai saat ini mereka masih dianggap sebagai produsen terbesar di dunia untuk bisnis PC. Tidak berhenti sampai disitu, tahun ini pun mereka mencatatkan sejarah luar biasa kedua setelah akuisisi mereka terhadap unit PC IBM 9 tahun yang lalu, yaitu mengakuisisi Motorola Mobility yang sebelumnya telah dibeli oleh Google. Melalui berbagai inovasi baru, “Legend” yang dimulai dari kantor sekecil ruang satpam, saat ini dikenal dengan brand “Lenovo” yang telah sukses mengakuisisi IBM dan Motorola dan menjadi pengembang PC dan gadget dengan 33.000 lebih karyawan.

Marilah kita mulai MENGKAKTIFKAN ROH PIONEER ini dalam hidup kita. Minta Tuhan memberikan hikmat, kreatifitas, dan inovasi. Ingat baik-baik: Ketika kita dipenuhi Roh Kudus, maka roh kita menjadi ROH YANG KREATIF !!! Jadi yang perlu kita lakukan adalah mengaktifkan roh yang kreatif itu sehingga makin hati makin tajam dan maksimal !!! Untuk menjadi Pioneer, kita butuh lebih dari sekedar ide yang hebat. Kita perlu iman, kerja keras, dan fokus setajam sinar laser untuk mencapai visi yang Tuhan taruh dalam hidup kita. Belajarlah ‘think outside the box’ / berpikir di luar kotak. Kita perlu membuka diri kita sendiri pada ide yang baru, sistem yang baru, cara yang baru, teknologi yang baru, dst. Kalau anda membuat kesalahan, berpikirlah bahwa kesalahan adalah eksperimen saja; seperti yang dikatakan oleh Thomas Alfa Edison: “Saya tidak gagal. Saya hanya menemukan 10.000 cara yang tidak bisa dipakai.” Mulai bergaulah dengan orang-orang yang kreatif dan inovatif! Baca buku-buku dan majalah yang menstimulasi kreatifitas anda terhadap pemikiran-pemikiran yang baru. Komitlah untuk terus-menerus melakukan yang anda lakukan ke level yang baru!!! Inilah yang disebut dengan Roh Pioneer! Kalau kita memiliki Roh Pioneer seperti ini, maka kita akan bisa melejit menjadi ‘Sang 5 Talenta’ yang Tuhan pakai untuk melakukan perkara-perkara yang besar dan ajaib. (NJ)

RENUNGAN
Mereka yang PIONER adalah mereka yang terus-menerus berusaha melakukan INOVASI YANG BARU.

APLIKASI
1. Mari uji diri kita apakah setiap kita telah memiliki roh pioner dan memiliki inovasi-inovasi yang baru untuk mengembangkan setiap talenta yang sudah Tuhan percayakan ?
2. Langkah apa saja yang Anda lakukan untuk berinovasi ?

DOA UNTUK HARI INI
Roh Kudus, curahkan hikmat-Mu atas hidup kami ya Tuhan…sehingga semakin hari hidup kami semakin berguna untuk mempermuliakan Nama-Mu. Dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.