Ciri Kasih Allah Yang Begitu Nyata Dan Besar

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 7-9
Yohanes 6:22-44

BACAAN HARI INI
Yeremia 31:1-9

RHEMA HARI INI
Yeremia 31:3 Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.

Bailey Seller, gadis asal Tennessee, Amerika Serikat, mungkin adalah anak perempuan paling beruntung di muka bumi ini. Meski kanker telah merenggut ayahnya, Mike Seller, dari sisinya saat ia baru berusia 16 tahun, terbukti bahwa maut pun tak dapat menghalangi kasih sayang sang ayah. Sebelum meninggal, Mike memutuskan memesan sejumlah bunga tangan untuk dikirimkan di setiap ulang tahun putrinya. Bailey pun mendapatkan kiriman bunga beserta kartu ucapan penuh kasih sayang dari sang ayah setiap tahunnya. Kehidupan Mike di dunia ini mungkin sudah berakhir, tetapi kasih sayangnya kepada anaknya tetaplah berlanjut.

Ungkapan kasih sayang Tuhan kepada setiap orang percaya jauh lebih hebat lagi. Kiriman bunga tanda kasih dari seorang ayah kepada anaknya suatu saat pasti akan berakhir juga, tetapi tidak dengan kasih Allah kepada kita, anak-anak-Nya. Kasih Tuhan tidak pernah akan ditutup dengan ‘titik’, tetapi selalu dilanjutkan dengan ‘koma’. Meski ada saat-saatnya kita tidak dapat merasakan kasih-Nya, Tuhan sesungguhnya tengah mempersiapkan babak baru dari kisah kasih sejati-Nya yang lebih dahsyat lagi bagi kita. Itu artinya, Tuhan mengasihi kita bukan hanya sekarang ini, bukan hanya tahun-tahun mendatang, tetapi tak terbatas oleh waktu. Dia mengasihi kita jauh sebelum kita dilahirkan, bahkan sebelum dunia ini dijadikan, dan akan terus dilanjutkan sampai kekekalan nanti.

Ya, kasih Allah sungguh melampaui batas akal manusia. Kasih-Nya kepada kita tak tergantung pada kita, tetapi dari diri-Nya. Sebab, Dialah kasih itu sendiri. Meski kita tak setia dan melupakan-Nya, Dia tetap setia. Oleh anugerah-Nya yang melimpah, Dia akan membangun hidup kita (ay.4). Ketika kita datang dengan mencucurkan air mata kepada-Nya, Tuhan bukan hanya akan menghibur kita, tetapi juga memimpin kita ke sungai-sungai dan berjalan di jalan yang rata (ay.9). Itulah kasih sejati Bapa kepada anak-anak-Nya.

RENUNGAN
Salah satu CIRI KASIH ALLAH yang begitu NYATA dan begitu BESAR adalah KASIH ALLAH ITU KEKAL.

APLIKASI
1. Bagaimanakah Anda melihat kasih Allah di hidup Anda?
2. Menurut Anda, mengapa kasih Allah itu kekal?
3. Bagaimana Anda bisa meresponi kasih Allah yang kekal dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih atas kasih-Mu yang kekal dalam hidup kami. Bawalah kami untuk dapat mengenal kasih-Mu semakin dalam lagi, agar kami pun boleh hidup dalam realitas kasih sejati-Mu dan membagikan kasih itu kepada orang-orang di sekeliling kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”