Dalam Masa Baik Atau Buruk, Kesempatan Itu Selalu Ada

BACAAN HARI INI
2 Korintus 4:1-15

RHEMA HARI INI
2 Korintus 4:8-9 “8 Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; 9 kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.”

Pada tahun 1960, Bill Alley, seorang mahasiswa teknik di “Universiy of Kansas” dan juga seorang anggota dari tim Olimpiade Amerika, berhasil memecahkan rekor dunia dalam lempar lembing sejauh 238 kaki dan 8 inci. Setelah beberapa kali dalam kesukaran yaitu cedera yang melukai lutut dan kakinya, Alley berhenti melakukan lempar lembing dan melihat sebuah kesempatan untuk memulai sebuah bisnis yang memproduksi lembing. Lembing alumunium yang dia temukan mempunyai berat yang lebih ringan dan mempunyai aerodynamic yang lebih baik dibanding dengan lembing kayu yang lama. Namun, dengan pengetahuan dan pengalaman yang dia punyai, dia ternyata juga mempunyai kesulitan, dia menyadari bahwa pasar untuk lembing sangatlah terbatas, hanya terkhusus dipakai oleh atlet-atlet saja. Dengan kesukaran untuk menjual lembing, dia pun melihat peluang dari pegangan tangan yang digunakan untuk lembing itu ternyata sama dengan yang digunakan pada stick golf, dan dia akhirnya memutuskan untuk memproduksi stick golf, karena lebih banyak orang termasuk orang awam yang akan menggunakan stick golf dibanding lembing. Sebuah kontrak telah ditandatangani, dan sebanyak 4000 stick golf telah diproduksi ketika Alley mencoba satu dari stick golf tersebut apakah berfungsi secara baik, namun alih-alih mendapatkan sebuah stick yang prima, stick golf tersebut malah menjadi bengkong ketika diayunkan dengan kencang dan dengan beban yang berat. Saat ini dia menyadari bahwa formula yang digunakannya ternyata salah namun itu semua sudah terlambat. Dalam kefrustasian dan kemarahan dia mengambil sebuah stick itu dan mematahkannya dengan lututnya. Lalu dia berpikir, itulah yang akan dilakukan ketika seorang pe-golf tidak mengenai pukulannya. Sekali lagi dia pun berada dalam kesukaran namun tetap melihat kesempatan di dalamnya. Dia memasukkan stick golf-nya ke dalam iklan di majalah dan memasarnya sebagai stick golf yang bisa dipatahkan oleh pe-golf yang temperamental. Dia kehilangan kontrak 4000 stick golf yang didapat sebelumnya namun menerima pesanan sebanyak 6000 kali ini seharga $19.95 per satu stick nya. Pemasukan dari penjualan 6000 stick golf tersebut dia gunakan untuk menemukan sebuah alat pancing yang terbuat dari “carbon fiber”, bahan yang memberikan fleksibilitas dan kontrol. Kali ini pada tahun 1992 dia berhasil mencatatkan penjualan sebesar $2 juta untuk alat pancing “carbon fiber” nya yang mendominasi pasar alat pancing mahal. Alley ternyata tidak berhenti disitu, kini di masa yang lebih baik, dia masih menemukan kesempatan, setelah berbincang-bincang dengan para mekanik, dia menemukan bahwa ternyata banyak mesin cuci darah yang komponennya mahal sering menjadi disfungsional karena bagian mesinnya menjadi mengembang karena kepanasan. Setelah menyimpulkan bahwa carbon fiber berfungsi lebih baik di dalam panas dan juga kelembapan, dia menggunakan bahan yang dia gunakan untuk alat pancingnya untuk mengembangkan alat cuci darah yang berfungsi lebih baik dan tidak gampang rusak.

Setelah melihat kisah dari Bill Alley di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata kesempatan tidak hanya muncul dan didapat hanya ketika keadaan itu baik-baik saja, tetapi seringkali kita malah bisa melihat kesempatan ketika keadaan yang ada terlihat sukar dan sulit. Bill Alley selalu jeli dan berhasil melihat kesempatan yang ada di tengah kesulitan yang muncul, bahkan dia selalu berpikir bagaimana mengembangkan kapasitasnya di tengah kesukaran. Seringkali kita sebagai orang percaya malah menyerah dan mundur ketika keadaannya sulit dan menantang, tetapi sekarang kita harus merubah pola pikir dan karakter kita, bahwa setiap masalah yang ada, mungkin tidak selayaknya kita terus berkutat di dalam kubangan yang sama selamanya, tapi dengan masalah yang timbul, kita dapat mengembangkan kapasitas kita dengan menemukan jalan yang baru yang lebih kreatif.

RENUNGAN
Kesempatan bukan hanya bisa kita dapatkan pada MASA BAIK, tetapi MASA SUKARPUN juga bisa memberi kita kesempatan untuk memperbesar kapasitas kita.

APLIKASI
1. Hal luarbiasa apa yang anda dapatkan melalui renungan hari ini sesuai keadaan anda saat ini ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami mengerti bahwa kesempatan selalu Engkau sediakan, kami mau respon akan hal itu agar semakin hari kapasitas kami makin diperbesar.
Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Raja-raja 15-16
1 Korintus 15:20-58