DAMAI JIKA SEMUA HARAPAN TERPENUHI

RHEMA HARI INI

Amsal 13:19a Keinginan yang terlaksana menyenangkan hati…

Kita sering menjumpai konflik-konflik kehidupan yang bermuara dari apa yang diharapkan, dicita-citakan atau diinginkan, tidak tercapai. Ada orang yang bahkan mempertanyakan apakah Tuhan itu sungguh ada, sebab setelah sekian tahun permohonannya tak kunjung mendapat jawaban dari Tuhan. Tuhan mulai di ragukan keberadaan-Nya karena keinginan yang tak juga terwujud. Inilah yang di lihat dan ditulis oleh Salomo dalam kitab Amsal, keinginan yang terlaksana menyenangkan hati manusia. Di sini ada relasi antara Harapan dan Keinginan. Sejauh mana harapan dapat dipenuhi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Inilah yang menjadi problema dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dalam keluarga maupun dalam pekerjaan dan pelayanan.

Setiap orang pasti punya keinginan dan harapan tertentu dalam hidupnya. Hal yang paling membahagiakan adalah saat semua harapan itu terwujud menjadi kenyataan. Ya, wajar bagi kita untuk merasa damai dan sukacita ketika semua harapan kita terpenuhi. Tetapi bagaimana jika dari sekian banyak harapan, ternyata ada beberapa yang walau telah lama di usahakan dan di doakan dengan sungguh-sungguh namun tak kunjung membuahkan hasil? Bagaimana jika sampai saat ini masih juga ada tantangan dan masalah-masalah yang belum bisa kita atasi dan selesaikan? Kita masih memiliki kerinduan yang belum menjadi kenyataan, baik secara pribadi ataupun dalam pelayanan.

Yang perlu kita ingat dan sadari adalah, kenyataan yang tidak sesuai dengan pengharapan itu berarti, Tuhan sedang memberikan ruang untuk kita belajar agar semakin berkembang. Rasa sakit dan kecewa yang kita rasakan, mampu membuat kita semakin berbesar hati dan menghargai setiap proses. Saat kenyataan tidak sesuai dengan harapan, itu bukan berarti rencana-rencana kita berantakan, melainkan diatur ulang oleh Allah untuk menghasilkan sesuatu yang lebih indah. Walaupun keadaannya sulit, tetaplah optimis dan berpikiran positif. Percayalah bahwa di balik setiap kejadian, Tuhan ingin mendewasakan dan menguatkan kita sehingga kita bisa tetap merasakan damai sekalipun harapan-harapan kita belum terpenuhi.

RENUNGAN

Adalah hal yang WAJAR bagi seseorang untuk merasakan damai JIKA semua harapannya TERPENUHI.

APLIKASI

1. Apakah Anda mempunyai pengharapan-pengharapan yang telah terpenuhi? Harapan apa sajakah itu?
2. Bagaimana perasaan Anda saat harapan Anda terpenuhi?
3. Apa yang ingin Tuhan ajarkan di balik pengharapan Anda yang belum terpenuhi?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas kebaikan-Mu dalam hidup kami. Begitu banyak berkat yang Kau limpahkan dalam hidup kami. Ajar kami untuk senantiasa dapat bersyukur dan memiliki damai di hati kami dalam segala hal. Karena kami percaya, rancangan-Mu atas hidup kami pasti selalu yang terbaik. Di dalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa. Amin”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!