Damai Sejahtera Yang Melampaui Akal

BACAAN HARI INI
Lukas 1:67-80

RHEMA HARI INI
Lukas 1:79 untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera.”

Awal tahun 2020, kita disambut oleh berbagai hal yang membuat iman kita terus di upgrade oleh Tuhan. Cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai angin kencang terjadi di beberapa daerah, yang membuat berbagai kerusakan dan merugikan banyak orang. Tidak hanya hujan dan angin kencang, bencana banjir di Jakarta dan kebakaran hutan di Australia juga menambahkan nuansa kelam diawal tahun 2020. Belum lagi bunyi genderang perang di beberapa negara, adalah catatan kelam di awal tahun ini. Padahal Tuhan berkata, tahun 2020 adalah tahun kemuliaan Tuhan dinyatakan dengan sangat luarbiasa atas hidup setiap anak-anak Tuhan. Namun di awal tahun kita justru melihat hal yang bertolak belakang. Mengapa bisa demikian?

Tuhan memang menjanjikan kemuliaan tetapi bukan berarti tidak akan ada goncangan. Bukan berarti tidak akan ada masalah. Justru Tuhan berkata dalam Yesaya 60:2, kegelapan akan menutupi bumi dan kekelaman akan menutupi bangsa-bangsa. Tetapi terang Tuhan akan terbit atas kita, dan kemuliaan-Nya akan menjadi nyata atas kita. Tuhan mengijinkan itu semua terjadi bukan tanpa maksud. Tetapi supaya setiap pintu hati yang tertutup menjadi terbuka, dan setiap hati yang keras dilembutkan. Agar sinar matahari yang tidak akan pernah terbenam dapat masuk, menerangi setiap hati yang gelap (Yesaya 60:20). Sinar matahari akan menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan naungan maut, untuk mengarahkan kaki mereka kepada damai sejahtera (Lukas 1:79). Hal ini dapat terjadi hanya ketika Raja Kemuliaan masuk dalam hidup mereka. Kalau Raja Kemuliaan menyatakan kemuliaan-Nya, maka hati setiap orang akan dilingkupi dengan damai sejahtera yang melampaui segala akal, bahkan sukacita yang berlimpah-limpah.

Jadi, mari ijinkan Raja Kemuliaan masuk ke dalam hati kita, sehingga belenggu kegelapan bisa dipatahkan, dan kemuliaan yang lebih lagi yang akan datang  dapat bertahta dalam hati dan hidup kita. Jika Raja Kemuliaan sudah bertahta di hati dan hidup kita, maka kita akan melihat sesuatu yang dahsyat, lawatan terdahsyat pasti akan terjadi atas hidup kita, sehingga tahun kemuliaan Tuhan menjadi nyata atas hidup kita.

RENUNGAN
Saat Raja Kemuliaan MASUK DALAM HIDUP kita, belenggu kegelapan dipatahkan, sehingga DAMAI SEJAHTERA-NYA BERTAKHTA dalam hati ktia.

APLIKASI
1.    Apa yang Anda rasakan hari-hari ini? Apakah masih ada kegelapan dalam hidup Anda?
2.    Jika masih, dalam hal apakah itu? Apa yang Anda rindukan terjadi dalam hidup Anda?
3.    Jika Raja Kemuliaan sudah hadir dalam hidup Anda, terang kemuliaan apakah yang dimanifestasikan-Nya dalam hidup Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Bapaku yang baik, hanya Engkaulah Raja Kemuliaan yang sanggup memberikan sukacita dan damai sejahtera yang melampaui segala akal dalam hidup kami. Kami bersyukur dan mau terus membuka hati kami, sehingga belenggu kegelapan dalam hidup kami dipatahkan kuasanya, dan damai sejahteta terus bertahta dalam hati kami. Di dalam Nama Yesus kami berdoa. Amin.