Dari Kecil Sampai Besar

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 4 Maret 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 16:10-13

RHEMA HARI INI

Lukas 16:10 Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Seseorang sedang menekuni jalan-jalan di Philadelphia mencari pekerjaan dan akhirnya tiba di kantor seorang usahawan terkenal bernama Girard. Ketika ia minta pekerjaan, Tuan Girard secara pribadi menjawab, “Boleh, saya bisa memberi Anda pekerjaan. Anda lihat tumpukan batu bata di sana? Tumpukkanlah di ujung halaman sebelah sini.” Menjelang malam pria ini melaporkan bahwa proyeknya telah selesai dan mendapatkan upahnya. Lalu ia bertanya apakah besok ada pekerjaan lagi. Girard menjawab, “Ada, datanglah besok dan kembalikanlah batu-batu bata itu ke tempatnya semula.” Keesokan paginya pria ini tiba pagi-pagi dan langsung bekerja tanpa banyak bicara. Selama lebih dari satu minggu, Girard menyuruh sang pekerja bolak-balik memindahkan batu-batu bata itu hingga terbukti bagi Girard bahwa ia dapat mempercayai karyawan barunya ini. Lalu ia berikan tanggung jawab baru yang lebih besar.

Dari sudut pandang Girard, selama pria ini setia dalm tugas yang sepele seperti itu, ia pasti setia dalam transaksi yang benar-benar penting. Anda tidak tahu siapa yang mungkin mengamati bagaimana respon Anda terhadap hal-hal kecil yang ada pada Anda hari ini, maka pertanggungjawabkanlah itu dengan sebaik mungkin!

Kalau kita bisa mempertanggungjawabkan hal kecil yang dipercayakan kepada kita dengan sebaik mungkin, maka Tuhan akan menambahkan kepercayaan-Nya kepada kita, semakin hari semakin besar, sampai akhirnya kita dipercayai dengan hal-hal yang sangat besar.

Demikian juga dalam hal keuangan, kalau kita setia mengembalikan persepuluhan sejak dari nominal yang kecil, maka Tuhan akan terus menambahkan berkat-Nya dalam hidup kita, sampai akhirnya kita bisa mengembalikan persepuluhan dalam nominal yang besar karena kita sudah bisa dipercaya dengan berkat keuangan yang besar. Hari ini, ambillah keputusan untuk setia dalam perkara kecil, sehingga kita bisa dipercaya dengan hal-hal yang besar.

RENUNGAN

Barangsiapa setia dalam PERKARA KECIL, ia akan dipercaya dalam PERKARA YANG BESAR.

APLIKASI

Bagaimana Anda akan mempertanggungjawabkan hal-hal kecil yang ada pada Anda saat ini?

DOA UNTUK HARI INI

Terimakasih atas Firman-Mu yang menguatkan kami hari ini Ya Tuhan. Ajar kami untuk setia terhadap hal-hal kecil yang Engkau percayakan kepada kami, sehingga kami bisa Engkau percayai dengan hal-hal yang besar dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yesaya 40-43