Dari Masalah Menjadi Kebaikan

BACAAN HARI INI
Roma 8:18-30

RHEMA HARI INI
Roma 8:28 “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.”

Seorang wanita pensiunan berusia 58 tahun sedang menghadapi masalah besar. Asuransi yang ia butuhkan untuk masa tuanya bermasalah sehingga dana tidak dapat cair dengan segera. Angan-angannya untuk hidup tenang di masa tua lenyap sudah. Ia terpaksa harus mencari pekerjaan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari sambil menunggu masalah asuransinya selesai.

Setelah melamar ke beberapa tempat, akhirnya ada sebuah perusahaan kecil di bidang ekspedisi yang mau mempekerjakannya. Ia akhirnya bekerja sebagai kuli yang pekerjaannya adalah memilah paket sebelum dikirim. Tidak jarang pekerjaan ini mengharuskannya untuk mengangkat paket-paket yang sangat berat. Meskipun tekad dan semangatnya masih kuat, tubuhnya yang sudah tua tidak dapat diajak kompromi. Ia sering merasakan kelelahan sehabis bekerja.

Enam bulan berlalu, wanita tua ini tetap berjuang di perusahaan ekspedisi tersebut. Ia sudah mulai terbiasa dengan pekerjaannya. Masalah yang awalnya dihadapinya malahan menjadi berkat untuk dirinya sendiri saat ini. Selain dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tubuhnya yang semula menolak bekerjasama pun mulai dapat beradaptasi. Tangan dan kakinya malahan lebih kuat karena sering mengangkat paket yang berat, bahkan selama 6 bulan tersebut, ia tidak pernah sakit.

Saat Anda tidak lari dari masalah dan memiliki keberanian untuk menghadapinya, saat itulah Tuhan akan bekerja untuk membalikkan keadaan dan mendatangkan berkat yang tidak terduga. Seperti kisah wanita tua diatas, Musa pun memiliki masalah besar saat ia secara tidak sengaja membunuh seorang warga Mesir untuk membantu seorang Israel yang dianiaya. Saat itu, ia harus lari dari kenyataan karena kesalahan yang sudah dibuatnya. Keadaan mulai berbalik saat ia mendapat kekuatan dan penyertaan Tuhan. Ia pun mulai berani menghadapi masalah dan seketika itu juga Tuhan angkat hidup Musa menjadi saksi kuasa dan kebesaran Allah.

Bagaimana dengan Anda? Tidak seorang pun yang bebas dari masalah dan tantangan kehidupan. Mungkin juga masalah tersebut datang karena dosa yang pernah Anda lakukan di masa lalu. Apapun kesalahan dan masalah Anda, berita baiknya adalah Tuhan Yesus telah mati di kayu salib untuk membayar lunas semua dosa Anda dan saya. Anda dapat berjalan dengan hikmat dan penyertaan-Nya saat Anda memutuskan untuk tidak lari dari masalah melainkan menghadapinya dengan sabar dan tekun setiap hari. Tuhan lebih dari mampu untuk mengubah masalah Anda menjadi kebaikan. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Ketika Anda BERANI MENGHADAPI MASALAH, Tuhan akan pakai masalah tersebut untuk MEMBALIKKAN KEADAAN dan MENDATANGKAN KEBAIKAN dalam hidup Anda.

APLIKASI
1. Pernahkan Anda mengalami masalah dimana Tuhan mengubahnya untuk kebaikan Anda ? Pelajaran apa yang Anda dapat dari pengalaman tersebut ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami tahu bahwa Engkau sanggup mengubah masalah menjadi kebaikan untuk hidup kami. Itu sebabnya, Tuhan, kami mau terus berpikir positif dalam menghadapi setiap masalah yang kami hadapi.
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Tawarikh28-29
2 Korintus 12