Deklarasikan Anugerahmu, Maka Kuasa-Nya Akan Dinyatakan

BACAAN HARI INI
Amsal 18:1-24

RHEMA HARI INI
Amsal 18:21 Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.

Dalam Piala Dunia Rugby 2015 di Inggris, juara bertahan Selandia Baru kembali memenangkan pertandingan final melawan Australia. Bukan hanya kemampuan para pemain yang patut diacungi jempol, Selandia Baru juga memiliki tradisi unik untuk menakuti lawan-lawannya sebelum pertandingan dimulai. Tradisi tersebut adalah tarian Haka yang berasal dari suku Maori di Kepulauan Pasifik. Tarian itu selalu ditampilkan para pemain di hadapan lawan sebelum pertandingan dimulai, dengan tujuan untuk membuat lawan gentar dan takut untuk bertanding. Meski seolah tarian tersebut hanyalah ekspresi dari selebrasi biasa, namun efeknya luar biasa. Selandia Baru menang telak dalam setiap pertandingannya. Mereka mencetak skor dengan perbedaan angka yang sangat jauh.

Natal adalah hari dimulainya anugerah, kasih karunia dan favor dari Tuhan tercurah bagi setiap kita yang percaya. Kelahiran Yesus Sang Juruselamat adalah anugerah terbesar bagi kita semua, Yesus lahir di dunia membawa kasih karunia yang berlimpah untuk semua orang yang percaya kepada-Nya. Oleh sebab itu berhentilah mengeluh dan mengasihani diri sendiri, berhentilah memperkatakan hal-hal yang negatif. Siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya (Amsal 18:21). Semua kata-kata itu tidak hanya membuat keadaan kita tambah buruk, tapi kita juga tengah menghina dan menyakiti hati Bapa kita. Seolah kasih karunia-Nya tidak cukup bagi kita.

Apapun tantangan yang kita alami, Bapa kita sudah memberikan takaran kasih karunia dalam hidup kita masing-masing. Bukan hanya cukup, tapi berlimpah-limpah. Mulai hari ini, deklarasikan GRACE dalam hidup kita. Sebab ada kuasa yang sangat besar dalam deklarasi anugerah. Jika club rugby Selandia Baru menari Haka untuk membuat musuh takut, maka kita DEKLARASIKAN bahwa Tuhan benar-benar sudah mengisi hidup kita dengan segala kebaikan-Nya untuk mengenyahkan intimidasi iblis. Deklarasi grace membuat masalah jadi mahkota, tantangan berubah jadi kemenangan. Ancaman berubah jadi anugerah dan halangan dibalik Tuhan jadi bala bantuan besar. Saat ini adalah momen yang sangat pas, karena Natal adalah momen kasih karunia dilipat gandakan untuk kita semua.

RENUNGAN
Mulailah MENDEKLARASIKAN ANUGERAH atas hidup kita, sebab ada KUASA YANG SANGAT BESAR dalam deklarasi anugerah.

APLIKASI
1. Apa yang sering Anda ucapkan selama ini? Perkataan negatif atau deklarasi anugerah Tuhan?
2. Bagaimana cara Anda melatih deklarasi anugerah dalam setiap situasi yang Anda alami?
3. Apa perbedaan yang Anda alami setelah mendeklarasikan grace dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, dihari kelahiran-Mu ini kami mau deklarasikan bahwa kami sudah terima kasih karunia. Mengalir bertubi-tubi dalam hidup kami. Ada favor-Mu dalam study, karir dan pekerjaan kami. Ada grace dalam pernikahan kami. Kami alami abundant grace! Kami terima, terjadi di dalam nama Tuhan Yesus. Amin.