Dengan Petunjuk Tuhan, Fokus Menambah Pemasukan

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 26 Februari 2017

BACAAN HARI INI

Amsal 10:2-8

RHEMA HARI INI

Amsal 10:4-5 Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya. Siapa mengumpulkan pada musim panas, ia berakal budi; siapa tidur pada waktu panen membuat malu.

Ketika seseorang terbelit hutang, biasanya rasa panik melanda orang tersebut, sehingga ia tak lagi mampu berpikir jernih. Namun, hal pertama yang seharusnya dilakukan adalah menenangkan diri dan berdoa meminta hikmat dari Tuhan. Langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah berkonsultasi dengan orang yang dipenuhi hikmat Tuhan. Hal inilah yang dikerjakan oleh janda dengan dua anak, yang mendiang suaminya adalah seorang nabi. Janda tersebut berada di ujung tanduk. Penagih hutang hendak membawa kedua anaknya sebagai budak. Ia pun datang kepada Elisa. Ketika itu, Elisa tidak memberinya uang. Elisa malah balik bertanya, apakah yang dimiliki oleh janda itu. Kebetulan ia hanya memiliki sebuah buli-buli berisi minyak. Lalu Elisa memintanya untuk mengumpulkan sebanyak mungkin bejana kosong, bukan hanya beberapa bejana kosong. Kemudian mujizat pun terjadi. Minyak dalam buli-buli janda itu memenuhi semua bejana kosong tersebut. Sampai ia bisa membayar lunas hutangnya dan bahkan hidup dari sisa uang penjualannya (2 Raj. 4:1-7).

Minyak dalam buli-buli di rumah janda itu melambangkan talenta pemberian Tuhan yang kita pergunakan untuk mencari uang. Sedangkan bejana-bejana kosong yang ia kumpulkan menyimbolkan tempat-tempat potensial yang kita tuju untuk menjadi pelanggan bisnis kita. Sedangkan pelipatgandaan minyak adalah kuasa Tuhan.

Kisah ini mengajarkan kepada kita untuk tidak membiarkan pikiran kita terpatri pada jumlah hutang kita. Fokuskan pikiran kita pada peningkatan jumlah pemasukan. Jangan putus asa. Lebarkan sayap bisnis kita. Jangan hanya mencari satu atau dua calon pelanggan, tetapi sebanyak mungkin calon pelanggan. Seusai dengan petunjuk Tuhan, terus jajaki dan kembangkan segala potensi yang ada untuk mendapatkan pelanggan baru. Pada waktu-Nya, Tuhan yang akan membuat keajaiban. Tuhan mampu membuat semua calon pelanggan menjadi pelanggan setia kita. Sebab Tuhan mau memberkati kita dalam skala besar, bukan dalam skala kecil. Bukan hanya semua hutang kita menjadi lunas, kita bahkan dapat hidup berkelimpahan dari berkat Tuhan yang tercurah. Percayalah. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.

RENUNGAN

Selain menyelesaikan hutang, kita juga harus FOKUS MENINGKATKAN PEMASUKAN, sehingga BERKAT TUHAN TERCURAH dalam hidup kita

APLIKASI

  1. Apakah Anda mempunyai hutang? Sudahkah Anda berkonsultasi pada Tuhan? Jika belum, lakukan!
  2. Mengapa kita perlu memfokuskan diri pada peningkatan pemasukan kita?
  3. Langkah-langkah apa yang dapat Anda lakukan untuk menambah jumlah pemasukan Anda, berdasarkan petunjuk Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa di Surga, terima kasih atas firman-Mu yang selalu dapat kami andalkan dalam kehidupan kami sehari-hari. Mohon ajari kami untuk lebih bijaksana dalam mengelola keuangan kami. Berikanlah kami hikmat-Mu dalam usaha kami meningkatkan penghasilan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yesaya 35-36