DIBERSIHKAN UNTUK MENGHASILKAN BUAH YANG LEBIH LEBAT

RHEMA HARI INI

1 Petrus 1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu—yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api—sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Kita tentu sudah sangat mengenal tokoh Alkitab bernama Ayub. Ia adalah seorang yang saleh, jujur, takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ayub juga mempunyai kekayaan yang sangat banyak. Tetapi kemudian Tuhan mengijinkan Ayub di cobai. Ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya, masih ditambah dengan penyakit kulit yang menjijikkan. Kita mungkin bertanya dalam hati, mengapa seseorang yang hidupnya sudah berbuah seperti Ayub, harus mengalami peristiwa seperti ini. Namun di akhir cerita kita tahu bahwa Tuhan bukannya tidak memperdulikan kesalehan Ayub, tetapi Tuhan justru mempunyai maksud yang lebih mulia untuk Ayub.

Ada beberapa hal yang ingin Tuhan bersihkan dalam hidup Ayub. Kebiasaan Ayub untuk bertindak mewakili anak-anaknya meminta pengampunan dengan mempersembahkan korban bakaran setelah hari-hari pesta, sebenarnya kurang tepat. Sebab hal meminta pengampunan tidaklah bisa diwakilkan. Begitu pula kemarahan Ayub, setelah mendengar pendapat menyudutkan dari teman-temannya. Ayub merasa ia tidak sepantasnya mendapat hukuman sekejam itu, sebab ia adalah orang yang baik dan jujur. Ia tak dapat mengerti maksud Tuhan dan dengan berani ia menantang Tuhan. Meskipun Ayub tidak kehilangan kepercayaannya kepada Tuhan, tetapi keinginannya supaya dibenarkan oleh Tuhan dan mendapatkan kembali kehormatannya sebagai orang yang baik merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Tuhan yang mutlak.

Kisah Ayub menunjukkan kepada kita bahwa jika kita mau berbuah lebat, kita harus mau dibersihkan. Mungkin kita merasa kita telah melakukan yang terbaik yang kita bisa, kita sudah begitu taat pada Tuhan dan tak pernah hitung-hitungan dalam pelayanan. Mengapa Tuhan ijinkan kita mengalami proses yang sangat tidak mengenakkan? Percayalah, Tuhan sangat tahu apa yang Dia lakukan. Yang Dia inginkan adalah mengurangi hal-hal buruk yang mungkin tidak kita sadari dalam hidup kita, supaya kita berbuah lebih lebat lagi. Persilahkanlah Tuhan membersihkan hidup kita dengan membuang segala hal yang tidak berkenan bagi-Nya. Jalani dengan sukacita sebab kita tahu tujuan Tuhan adalah supaya masa depan kita jauh lebih baik dan jauh lebih berbuah. Amin.

RENUNGAN

Tanaman yang MAU BERBUAH LEBAT HARUS mengalami PROSES PEMBERSIHAN.

APLIKASI

1. Menurut Anda, masihkah ada hal-hal yang perlu dibersihkan dalam hidup Anda?
2. Sudahkah Anda memberi diri Anda untuk dibersihkan Tuhan? Jika belum, apa alasan Anda?
3. Bagaimana seharusnya Anda bersikap selama proses pembersihan dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampuni kami yang seringkali tidak bisa mengerti dan memahami rencana-Mu dalam hidup kami. Tuhan, kami mengundang-Mu masuk dalam hidup kami dan membersihkan yang belum berkenan kepada-Mu. Agar hidup kami berbuah lebih lebat lagi bagi kemuliaan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!