07 Desember 2015 – Digerakkan Oleh Api

BACAAN HARI INI

Roma 12:9-21

RHEMA HARI INI

Roma 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Apa yang membuat sebuah bongkahan es batu bisa menjadi air yang bergolak? Api. Ya, apilah yang bisa mengubah sebuah bongkahan es batu menjadi air yang bergolak karena mendidih. Sebesar apapun es batu itu, sekeras apapun kekuatannya dan selama apapun es batu itu sudah menjadi es, tetap saja es batu itu akan mencair dan menjadi air mendidih jika terus-menerus dipanasi diatas api.

Apakah Anda merasa Anda begitu enggan dan merasa sangat berat untuk bergerak? Keadaan Anda tak ubahnya seperti sebuah bongkahan es yang membeku. Kalau Anda mau jujur dan melihat ke dalam hati Anda, pasti penyebabnya adalah karena roh Anda sedang padam. Roh yang padam itulah yang membuat Anda begitu enggan untuk bergerak. Atau, Anda sudah bergerak tetapi Anda merasa sulit sekali menggerakkan orang lain untuk ikut bergerak? Penyebabnya pasti juga sama, orang yang berusaha Anda gerakkan itu rohnya pasti juga sedang padam. Sebab orang yang rohnya menyala-nyala pasti bergerak tanpa harus ada orang yang mendorong-dorong untuk bergerak. Tidak ada orang yang rohnya atau semangatnya menyala-nyala tetapi hanya diam saja. Semua orang yang semangatnya menyala-nyala pasti bergerak, pasti berjuang, pasti pantang menyerah, pasti terus melakukan sesuatu sampai perjuangannya membuahkan hasil.

Yang harus kita lakukan saat ini adalah menyalakan kembali roh atau semangat yang padam. Jangan mau terus-menerus terjebak di dalam keadaan nyaman, suam, padam, sebab itu tidak akan membawa kita kemanapun. Kalau kita terus berada dalam keadaan roh yang padam, maka kita tidak akan mungkin bisa mengalami kemajuan atau terobosan. Datanglah kepada Tuhan, Dialah sumber Api Roh Kudus yang sanggup menyalakan kembali semangat serta roh kita, sehingga kita bisa bangkit kembali, berjuang kembali, dan mengalami keberhasilan besar dalam hidup kita.

RENUNGAN

Saat ROH KITA MENYALA-NYALA, kita tidak mungkin tidak BERGERAK.

APLIKASI

Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk menyalakan kembali api/semangat di dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, kami mohon urapan Roh Kudus-MU memenuhi hati kami. Bangkitkan kami kembali, pegang tangan kami, tuntun kami dengan kekuatan kuasa-MU. Kami percaya, bersama dengan Roh-MU kami sanggup melakukan perkara yang besar bagi kemuliaan-MU. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 81,88,92-93