Dikepung Kasih Karunia

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 1-3
Yohanes 5:25-47

BACAAN HARI INI

Lukas 1:5-25

RHEMA HARI INI

Lukas 1:13 Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: “Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes.

Daria bergegas pergi ke rumah sakit setelah mendapatkan telepon bahwa ibunya menjadi korban tabrak lari. Tidak hanya kuatir memikirkan ibunya, tetapi ia juga memikirkan tagihan biaya rumah sakit nantinya. Daria hanya hidup berdua dengan ibunya, dan selama ini mereka hidup dari uang tunjangan ibunya saja karena Daria belum juga mendapat pekerjaan. Ia pun memutuskan untuk berdoa dan menyerahkan segala sesuatunya di tangan Tuhan. Sesampainya di rumah sakit, ia segera menemui dokter. Puji Tuhan, ibunya tidak mengalami luka yang membahayakan, hanya harus diopname semalam.

Keesokan harinya, ibunya dinyatakan baik-baik saja dan boleh segera pulang. Ketika sedang bersiap pulang, tiba-tiba ada seorang pemuda yang datang bersama kedua orangtuanya. Rupanya, pemuda itulah yang kemarin menabrak ibu Daria. Ia lari karena ketakutan, tetapi sepanjang hari ia gelisah, sehingga ia memutuskan untuk mencari korbannya. Daria dan ibunya pun memaafkan pemuda tersebut. Pemuda itu pun bertanggung jawab menanggung seluruh biaya perawatan. Bukan itu saja, ketika ayah pemuda itu mengetahui bahwa Daria sedang mencari pekerjaan, ia segera menawarkan posisi kosong di perusahaannya, yang tentu saja segera disambut baik oleh Daria.

Sadarkah Anda bahwa kasih karunia Tuhan tidak hanya berupa kesembuhan, kesuksesan dalam pekerjaan, atau pun kekayaan saja? Kasih karunia Tuhan bukan berarti hidup kita terbebas dari masalah; melainkan sekalipun hidup kita diterpa berbagai masalah, tetapi kita tidak akan hancur. Justru melalui segala permasalahan yang kita hadapi, Tuhan akan menjadikan kita lebih dari pemenang. Sama seperti Daria, pasangan Zakharia dan Elisabet pun pada awalnya juga sedang mengalami sebuah permasalah dalam kehidupan mereka. Namun, kasih karunia Tuhan senantiasa mengepung mereka, karena pada akhirnya Tuhan tidak hanya memberikan mereka seorang anak. Lebih dari itu semua, anak merekalah yang kemudian dipakai Allah untuk membukakan jalan bagi Sang Mesias.

RENUNGAN

Di MOMEN NATAL ini, Tuhan MENGELILINGI kita dengan KASIH KARUNIA-NYA.

APLIKASI

1. Percayakah Anda bahwa di momen Natal ini, Tuhan sedang mengelilingi Anda dengan kasih karunia-Nya? Mengapa demikian?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan ingin kita dikelilingi dengan kasih karunia-Nya?
3. Apa sajakah kasih karunia Tuhan di dalam hidup Anda? Coba renungkan dan tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI

“Ya, Allah Bapa, terima kasih untuk momen Natal ini. Tidak hanya kami menerima karunia keselamatan yang dari-Mu, tapi juga favor-Mu tidak henti-hentinya mengelilingi kami dalam setiap langkah kehidupan kami. Kami rindu menjadikan momen Natal ini sebagai kesempatan untuk mewartakan kasih karunia-Mu kepada orang-orang yang belum mengenal Engkau, sehingga mereka pun juga dapat beroleh kasih karunia yang dari pada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”