Dimampukan Mengampuni Tanpa Batas

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 6 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 17: 1-6

RHEMA HARI INI

Lukas 17:4 Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia.”

Seorang ibu untuk pertama kalinya datang dalam ibadah Minggu yang diadakan di Keluarga Allah Jogja. Setelah kebaktian usai, ia minta waktu untuk konseling pribadi. Saat konseling dilakukan, akhirnya diketahui bahwa ibu tersebut mengalami penyakit yang berat yaitu kanker stadium akhir, dan tampaknya kanker tersebut merupakan salah satu akibat dari tumpukan rasa sakit hati dan emosi akibat ketidakharmonisan dalam rumah tangganya selama berpuluh-puluh tahun. Ia menceritakan rasa sakit hatinya yang sangat besar kepada suaminya, dan semenjak itu ia tidak percaya akan adanya Tuhan. Ia bahkan melarang anaknya beribadah ke gereja maupun mengikuti kegiatan agama apapun semenjak kecil, karena menurutnya apabila Tuhan ada, maka segala sesuatu dalam hidupnya seharusnya baik-baik saja dan harmonis. Setelah melalui beberapa sesi konseling, akhirnya ia mau membuka hati dan bersedia mengikuti Retreat Encounter.

Di Retreat Encounter, Tuhan Yesus melawatnya luar biasa dan mengingatkannya bahwa Tuhan Yesus memiliki kasih dan pengampunan yang tidak terbatas untuknya. Hal tersebut sungguh-sungguh membuka hatinya untuk dapat mengampuni suaminya dan melihat keadaannya dengan penuh rasa syukur. Bahkan ia dan putranya didoakan bersama-sama dan keduanya melepaskan pengampunan serta mengalami pemulihan yang luar biasa dalam Yesus.

Setelah itu, ia dan putranya terus berdoa agar pemulihan terus terjadi, buah-buah Roh boleh dinyatakan melalui hidup mereka, dan Ibu tersebut dipakai Tuhan luar biasa menjadi motivator bagi pasien-pasien kanker serta menjadi saksi pemberita keselamatan dalam nama Yesus. Putra ibu tersebut pun sekarang terlibat aktif dalam pelayanan penyambutan pendatang baru di gereja.

Apa yang tidak mampu dilakukan oleh manusia biasa yang serba terbatas, mampu dilakukan oleh manusia Allah yang di dalamnya ada Roh Allah yang tidak terbatas. Kalau sampai saat ini Anda merasa tidak bisa mengampuni orang yang bersalah kepada Anda, mintalah kuasa Roh Kudus memenuhi hidup Anda supaya Roh Kudus memampukan Anda mengampuni serta mengasihi dengan tidak terbatas. Itulah yang akan mendatangkan kesembuhan, kelepasan dan sukacita yang luar biasa dalam hidup Anda.

RENUNGAN

Manusia Allah memiliki KASIH DAN PENGAMPUNAN yang TIDAK TERBATAS, seperti Allah yang kasih dan pengampunan-Nya tidak terbatas.

APLIKASI

  1. Siapa dan kondisi apa yang membuat hati Anda begitu sulit melepaskan pengampunan?
  2. Komitmen apa yang akan Anda buat untuk bisa melepaskan pengampunan dan kasih kepada orang lain?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena kami memiliki Allah seperti Engkau yang tidak pernah hentinya mengasihi dan mengampuni kami. Tuhan Yesus, kami mohon bimbingan Roh Kudusmu agar kami dapat sungguh memiliki buah-buah Roh dalam hidup kami sehingga kami dapat memiliki kasih dan pengampunan yang tidak terbatas. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Nehemia 6-7