Dimensi Kasih Allah

Renungan Keluarga Allah
Senin, 26 Desember 2016

BACAAN HARI INI

Efesus 3:14-21

RHEMA HARI INI

Efesus 3:18-19 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

Dua hari sebelum Natal, Michelle berbelanja dengan berat hati ke toko dekat rumahnya. Sebagai ibu tunggal yang harus membesarkan 5 anak, hidupnya terasa berat. Ia hanya mempunyai $35 dan kartu kredit yang entah masih bisa digunakan atau tidak. Namun ia tahu bahwa merayakan Natal bersama sangat penting bagi anak-anaknya. Ia berusaha untuk membeli bahan-bahan makanan yang murah untuk dipersiapkan sebagai hidangan Natal yang sederhana bagi keluarganya. Selesai mengambil barang-barang secukupnya, ia pun menuju kasir. Sambil menyerahkan kartu, ia berdoa semoga limit-nya masih cukup. Akan tetapi, kartunya ditolak. Di belakangnya, antrian sudah panjang dan banyak wajah yang tampak tidak sabar. Bersamaan dengan itu, ia juga dapat membayangkan wajah-wajah kecewa dari kelima anaknya. Ia menggigit bibirnya dan berusaha untuk menahan tetesan air matanya. Saat mulai mengurangi barang belanjaannya, tiba-tiba seorang wanita muda yang berdiri di belakangnya menepuk-nepuk bahunya. Di waktu yang bersamaan, kasir memberikan barang belanjaannya sambil berkata, “Hari ini Anda beruntung.” Michelle terkejut dan terharu karena semua belanjaannya ternyata sudah dibayar oleh wanita itu. Michelle pun berpikir bahwa Tuhan itu memang ada.

Hal yang sama juga terkadang kita alami dalam kehidupan kita. Masalah datang silih berganti, membuat kita seakan hendak undur dari Tuhan. Seolah-olah kita sendirian dan pertolongan tak kunjung datang. Namun, Tuhan selalu menginginkan kita supaya memahami dan mengenal betapa lebarnya, panjangnya, tingginya dan dalamnya kasih Allah. Dia rela terlahir ke dunia ini sebagai bayi yang terbaring di palungan, menunjukkan bukti betapa kasih Allah itu sungguh luar biasa dalam kehidupan kita. Kasih Allah yang lebar, yang akan memberikan kelegaan. Kasih Allah yang panjang yang yang memberikan hikmat dan menerangi jalan-jalan kita. Kasih Allah yang tinggi yang akan mempermuliakan kita. Kasih Allah yang dalam yang akan membuat hidup kita lebih bermakna. Teruslah hidup dalam naungan Allah, pahami dan kenali dimensi kasih-Nya. Kita pun akan mengalami perkara-perkara luar biasa bersama-Nya. (LEW)

RENUNGAN

Kristus ingin kita MEMAHAMI DAN MENGENAL betapa lebarnya, panjangnya, tingginya dan dalamnya DIMENSI KASIH-NYA

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda memahami dan mengenal dimensi kasih Allah?
  2. Mengapa Tuhan ingin agar kita mengenal kasih-Nya?
  3. Apa yang seharusnya kita lakukan untuk dapat mengenal dan memahami kasih-Nya?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih atas kasih-Mu dalam hidup kami. Ajar kami memahami dan mengenal lebarnya, panjangnya, tingginya dan dalamnya kasih-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Samuel 24, 1 Tawarikh 21-22, Mazmur 30