Dipanggil untuk Melayani

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 25 Juni 2016

BACAAN HARI INI

Ibrani 10:19-39

RHEMA HARI INI

Ibrani 10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat

Makan malam adalah saat yang paling dinanti-nanti oleh Nathaniel. Semua anggota keluarga hadir. Saat makan malam, semua anggota keluarga berbagi cerita tentang aktivitas mereka selama satu hari itu. Tak jarang Nathaniel mendapatkan tips dan saran dari Ayah, Ibu, maupun kakaknya. Makan malam biasanya dipenuhi dengan kehangatan, kasih, dan ucapan syukur kepada Tuhan.

Makan malam keluarga dimulai jam 7 malam. Saat Nathaniel masih berusia 6 tahun, ia pasti sudah duduk manis di meja makan sebelum jam 7 malam. Semakin besar, Nathaniel mulai membantu keluarganya menyiapkan makan malam. Awalnya Nathaniel hanya membantu menyiapkan sendok makan. Sekarang Ibu bahkan memperbolehkan Nathaniel menata meja makan karena Nathaniel sudah berusia 12 tahun.

Nathaniel dan anggota keluarga lainnya mewakili anggota Keluarga Allah. Makan malam keluarga mewakili ibadah yang diadakan di gereja lokal kita. Keluarga Nathaniel melambangkan gereja lokal, gereja dimana kita ditanam, bertumbuh, dan akhirnya nanti berbuah. Saat seorang anggota keluarga masih kanak-kanak, ia sepenuhnya masih dilayani. Tetapi ketika ia beranjak dewasa, ia sepatutnya tidak hanya dilayani (menerima pelayanan), melainkan juga ikut melayani (melakukan pelayanan), sesuai dengan talenta yang Tuhan berikan kepadanya dan tingkat pertumbuhan rohaninya, untuk kepentingan penyatuan Tubuh Kristus.

Pertemuan-pertemuan ibadah kita semestinya adalah saat yang paling kita tunggu-tunggu. Ini adalah saat kita menyembah Tuhan dan mengucap syukur kepadaNya bersama-sama dengan anggota keluarga Allah lainnya. Ini adalah saat kita berbagi kasih dengan saudara-saudara kita di dalam Kristus. Disinilah kita bisa saling mengingatkan dan menguatkan satu satu sama lain dengan Firman Tuhan. Ingatlah bahwa kita semua diciptakan untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik (Efesus 2:10). Marilah kita melayani, seperti yang Tuhan Yesus sudah teladankan semasa hidupNya di bumi ini. Jangan sampai kita kedapatan “tertidur” saat Tuhan Yesus datang untuk kedua kalinya.

RENUNGAN

Sebagai Keluarga Allah, terlibatlah AKTIF DALAM IBADAH yang diadakan di gereja lokal kita.

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda tergabung dalam kelompok sel? Jika belum, segeralah bergabung karena kelompok sel adalah sarana yang efektif untuk dilayani dan melayani!
  2. Pelayanan apa yang Anda ingin lakukan dalam ibadah di gereja? Doakan dan jangan tunda untuk melayani!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terima kasih atas anugerah keselamatanMU bagi kami. Tuhan, mohon mampukan kami semua untuk meneladani hidupMU. Mampukan kami untuk melayaniMU dan sesama kami dengan hati yang tulus, sesuai dengan kehendakMU. Di dalam Nama Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Kisah 13-14