DIPERLUKAN KEJUJURAN DAN KETERBUKAAN HATI UNTUK MENGALAMI KESEMBUHAN TOTAL

BACAAN HARI INI

1 Yohanes 1:5-10

RHEMA HARI INI

1 Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Elisabeth Kubler Ross adalah seorang psikiater yang menulis buku tentang 5 Tahapan Berduka. Namun kemudian disempurnakan lagi menjadi 7 Tahapan Berduka. Rumusan dari ketujuh tahapan tersebut adalah terkejut, penyangkalan, marah, menawar, depresi, pengujian dan penerimaan. Dalam ilmu psikologi, ketika seseorang mengalami sebuah hal yang traumatis, awalnya ia akan terkejut dan menolak. Seperti Senia yang baru mengetahui bahwa pasangannya berselingkuh, merasa terkejut luar biasa. Lalu ia mulai menyangkalnya, “Ah, tidak mungkin Kono akan melakukan hal buruk seperti itu.” Tetapi saat Senia menyadari hal itu benar adanya, ia menjadi sangat marah dan membenci Kono suaminya.

Selanjutnya ada fase menawar, yaitu sebuah fase dimana seseorang mulai berpikir apa yang bisa ia lakukan untuk mengubah situasi. Dan ketika mendapati bahwa tidak ada yang bisa dilakukannya, maka orang itu menjadi depresi. Dan menurut teori itu, masih ada 1 tahapan lagi hingga ia akhirnya bisa sampai ke tahap menerima. Yang menjadi persoalan, belajar menerima kenyataan bukan berarti luka dalam hati akan sembuh dengan sendirinya. Manusia memiliki sebuah ‘defense mechanism’ yaitu mekanisme jiwa untuk bertahan melawan hal-hal traumatis. Di alam bawah sadar, jiwa memberi perintah kepada otak untuk mengubur kenangan buruk jika kejadian tersebut terlalu menyakitkan. Sayangnya mengubur tidak sama dengan menyembuhkan, namun hanya menyingkirkan dari ingatan sejenak dan tentu saja kenangan buruk itu bisa saja tiba-tiba muncul kembali.

Kabar gembiranya, bagi kita anak-anak Tuhan, tersedia TOTAL HEALING atau kesembuhan yang tuntas sampai ke akar-akarnya tanpa harus melewati berbagai fase yang rumit. Syaratnya hanya jujur dengan diri sendiri dan dengan Tuhan. Datang pada-Nya dan sampaikan dengan terus terang jika kita masih merasa tidak enak, masih kecewa, masih ada kepahitan atau ganjalan-ganjalan lain dalam hati kita. Buka hati lebar-lebar untuk Tuhan meletakkan tangan-Nya di hati kita dan memulihkan hati kita sampai tuntas.

RENUNGAN

JUJURLAH dengan DIRI SENDIRI dan Tuhan, DATANG kepada-Nya serta BUKA HATI, maka kita akan mengalami KESEMBUHAN TOTAL.

APLIKASI

1. Apakah selama ini Anda sudah jujur pada diri sendiri dan dengan Tuhan?
2. Apa yang menghambat Anda untuk melakukannya?
3. Coba periksa hati Anda, apa saja yang masih mengganjal di sana? Apa yang Anda rasakan setelah Anda menyampaikannya pada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, saat ini kami undang Engkau untuk hadir dan masuk ke dalam hati setiap kami. Kami membutuhkan jamahan-Mu, ya Bapa. Kami sadar bahwa kami tidak bisa hidup tanpa-Mu. Kami rindu mengalami kesembuhan total yang dari pada-Mu, supaya kami pun bisa memberitakan Engkau kepada banyak orang yang belum mengenal-Mu. Sehingga banyak orang boleh diselamatkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!