Dipilih Untuk Menghasilkan Buah

ReKA Video

 

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
Yohanes 15:14-19

RHEMA HARI INI
Yohanes 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Arthur Ashe adalah petenis legendaris Wimbledon dari Amerika serikat. Ia sekarat karena tertular penyakit AIDS dari transfusi darah saat menjalani operasi jantung di tahun 1983. Surat-surat dari para penggemar berdatangan dari seluruh penjuru dunia. Salah satu dari surat itu berbunyi, “Mengapa Tuhan harus memilihmu untuk penyakit yang begitu berat?” Untuk yang satu ini Arthur Ashe membalas, “Di seluruh dunia, 50 juta anak-anak sedang mulai bermain tenis, 5 juta belajar cara bermain tenis, 500 ribu belajar tenis professional, 50 ribu datang ke sirkuit, 5 ribu mencapai Grand Slam, 50 mencapai Wimbledon, 4 ke semi final, dan 2 ke final. Ketika saya memegang sebuah piala, saya tidak pernah bertanya kepada Tuhan, “Mengapa saya?” Dan hari ini, dalam kesakitan, saya seharusnya juga tidak bertanya pada Tuhan, “Mengapa saya?”

Dalam banyak hal, kita tidak bisa selalu memilij. Kita tidak bisa memilih untuk terlahir dari siapa atau di keluarga mana. Demikian pula tidak seorang pun yang dapat mengaku Yesus adalah Tuhan, selain oleh Roh Kudus (1Kor. 12:3). Ini berarti bukan kita yang memilih, tetapi Tuhanlah yang memilih kita untuk melakukan apa yang telah Dia rancangkan. Kalau Tuhan sudah menetapkan, maka ibarat palu sudah diketok, tidak ada yang bisa mengubahnya. Kita tidak akan bisa menghindar dari ketetapan-Nya.

Tuhan mau kita mulai bergerak aktif di musim berbuah lebat ini untuk bekerja menghasilkan buah jiwa-jiwa bagi Kerajaan Allah. Berikanlah perhatian dan mulailah menjangkau orang-orang di sekitar kita, agar mereka dapat menerima keselamatan. Buang segala keraguan, sebab bila Tuhan yang menetapkan, Dia juga yang akan memperlengkapi. Inilah saatnya angin kegerakan, arus dari Tuhan sedang mengalir di tengah-tengah kita. Inilah momennya jalan untuk menjangkau terbuka lebar dan semua rintangan serta penghambat untuk selamatkan jiwa disingkirkan, sebab Tuhan sedang mengerjakan mujizat selamatkan jiwa. (PF)

RENUNGAN
BUKAN KITA yang memilih, tetapi Tuhan yang MEMILIH dan MENETAPKAN kita untuk MENGHASILKAN BUAH.

APLIKASI
1. Apa yang menyadarkan Anda bahwa Tuhan telah memilih Anda?
2. Apa yang Anda rasakan setelah menyadarinya?
3. Bagaimana Anda akan meresponi ketetapan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami merasa sangat berharga karena Engkau telah memilih kami. Mampukan kami untuk taat dan hidup berbuah lebat bagi Kerajaan-Mu. Kami rindu keluarga, teman-teman dan orang-orang di sekitar kami juga beroleh keselamatan. Kami percaya inilah saatnya, inilah momennya banjir jiwa-jiwa diselamatkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.